by

Sekolah Tahfizh Plus SD Khoiru Ummah Jember Gelar Tarhib Ramadhan

Siswa/i STP-SD Koiru Ummah saat gelar Tarhib Ramadhan
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Seluruh cabang sekolah Khairu Ummah di Indonesia secara serentak gelar Tarhib Ramadhan. Hal ini juga dilakukan oleh STP SD Koiru Ummah Jember, Jumat (3/5/2019). Acara Tarhib semacam ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang diadakan rutin setiap tahun. Kali ini mengambil tema Ramadhan Bulan Persatuan.
Tarhib Ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SD dan TK Khairu Ummah Jember. Acara dimulai dari jam 07:00 mereka berkumpul di depan kantor bupati Jember yang berlokasi di jl.Kartini. Siswa dan siswa TK dan SD melakukan longmarch. Dengan membawa atribut seperti tulisan, siswa dan siswi TK menaiki becak hias. Mereka melakukan long march dengan rute perjalanan dari JL.Kartini, JL. PB Sudirman hingga berakhir menuju sekolah yaitu JL.Mastrib.
Sebelum keberangkatan Tarhib ini diawali dengan pembacaan Tilawah alquran yang dibacakan oleh ananda Qanita siswi kelas 5 yaitu surat al-Baqarah 183 dan sari tilawah oleh ananda Aliza siswi kelas 4. Tentang kewajiban berpuasa bagi orang-orang yang beriman di bulan Ramadhan sebagaimana yang telah diwajibkan kepada orang-orang terdahulu. Serta sambutan oleh ketua yayasan Bapak Ari Rahman.
Tahun ini STP Khairu Ummah mendapatkan sambutan hangat dari Bapak Wakil Bupati Bapak Muqit. Pada kesempatan kali ini beliau ikut serta memberikan semangat dalam sambutannya kepada peserta Tarhib Ramadhan dan juga berpesan kepada anak-anak agar semangat belajar. Beliau sangat bangga dengan didirikannya sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah yang dengan kehadirannya dapat mewarnai kehidupan masyarakat Jember agar lebih agamis. Dengan banyaknya calon penghafal al-quran dan calon pemimpin peradaban. Yang tidak hanya hafal al-quran melainkan menjadi santist plus dapat mengamalkannya dalam kehidupan. 
Yang mana tahfidz adalah menjadi fokus utama sekolah STP Khairu Ummah. Dengan visi misinya yaitu mencetak generasi yang berkepribadian Islam, faqih fiddin, terdepan dalam sains dan teknologi dan berjiwa pemimpin.
Setelah itu diawali dengan membaca Basmalah bersama-sama bapak wakil bupati melepaskan pemberangkatan rombongan Tarhib Ramadhan. Yang diiringi dengan musik hadrah yang dipimpin oleh Ustadz Herman.
Selama long march peserta berjalan sambil mendengarkan orasi yang disampaikan oleh siswa dan siswi dan juga pembacaan puisi yang menambah semangat peserta Tarhib Ramadhan.
Orasi pertama disampaikan oleh ananda Daris siswa kelas 6, yang menyerukan bahwa bulan Ramadhan adalah momen persatuan umat Islam. Dengan semangat membacakan surat ali imran ayat 103
Yang artinya; ” Dan berpegang teguhlah kalian kepada tali agama Allah dan janganlah bercerai-berai…”

Bulan ramadhan mulia dan bulan yang penuh berkah. Dengan bergantian siswa dan siswi yang sebelumnya telah  mendapatkan tugas dari para ustadz dan ustadzah untuk menyampaikan orasi dan puisi oleh siswa dan siswi kelas 3,4,5 dan 6.

Walau terik matahari menyengat namun tak melemahkan semangat anak-anak, yang sudah termotivasi bahwa aktivitasnya kelak akan mendapatkan pahala dari Allah. Yang mana Tarhib Ramadhan tersebut merupakan bagian dari syiar Islam. Begitu juga semangat para Ustadz dan Ustadzah yang mendampingi jalannya aktivitas tersebut. 
Tarhib Ramadhan diakhiri dengan penutup yaitu pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustad Aji wijaya.[]

Comment

Rekomendasi Berita