by

Sekretaris Kemenko Maritim Secara Resmi Buka Pesta Ya,ahowu Di Gunungsitoli

Pesta “Ya’ahowu” secara resmi dibuka Sekretaris Kementerian Koordinator
Bidang Kemaritiman RI, Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto di Taman Ya’ahowu
Kota Gunungsitoli.[Khristel/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Pelaksanaan pesta budaya masyarakat Kepulauan Nias, Pesta “Ya’ahowu” secara resmi dibuka Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Kamis malam (23/11)

Ketua Panitia pelaksanaan pesta Ya’ahowu, Sowa’a Laoli, SE., M.Si dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan utama pelaksanaan pesta ini adalah, selain melestarikan budaya Nias, juga sebagai ajang promosi Budaya dan Pariwisata Kepulauan Nias, baik di tingkat nasional maupun mancanegara.

Pada penjelasannya Sowa’a Laoli, sebagaimana telah diagendakan beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada ajang Pesta Budaya ini, seperti Pameran produk unggulan dan kuliner, Pawai Budaya, Festifal Seni Pahat, Atraksi Seni dan Budaya, Lomba dayung Perahu Tradisional Nias serta Lomba Permainan Rakyat dan sejumlah hiburan dan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Nias sekaligus sebagai Kepala Badan Persiapan Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias, Mayjen (Purn) Drs. Christian Zebua, MM mengucapan terimakasih kepada seluruh Pimpinan Daerah se-Kepulauan Nias serta seluruh masyarakat Nias dimana pun berada dan juga kepada Pemerintah Pusat atas segala dukungan terselenggaranya pesta rakyat Nias yaitu Pesta Ya’ahowu.

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua atas nama Ketua Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias pada penyampaiannya mengatakan bahwa, ada dua hal andalan Kepulauan Nias yakni, sektor Budaya dan Pariwisata serta sektor perikanan.

Hal tersebut menurut Lakhomizaro Zebua, sebagaimana disampaikan Presiden RI ke-7 Joko Widodo saat berkunjung di daerah ini beberapa waktu silam, dengan tujuan untuk dijadikan sebagai motivasi buat seluruh masyarakat Nias dalam memajukan kepariwisataan di wilayah Kepulauan Nias.

Selanjutnya Sekretaris Kemenko Bidang Kemaritiman RI, Agus Purwoto dalam penyampainnya sesaat sebelum membuka secara resmi Pesta Ya’ahowu mengatakan bahwa, Pesta Ya’ahowu telah dijadikan sebagai event Nasional dengan harapan agar seluruh kepala daerah di Kepulauan Nias, dapat menyatukan langkah untuk pengembangan akses menuju daerah ini, tak terkecuali akses jalur transportasi udara.

Seusai menyampaikan arahannya, Agus Purwoto yang didampingi sejumalah Puteri Pariwisata dan Puteri, Indonesia bersama seluruh Pimpinan Daerah se-Kepulauan Nias serta beberapa tokoh lainnya baik dari Pemerintah Pusat dan Provsu, menyalakan api Fondrako pertanda Pesta Ya’ahowu dibuka secara resmi. (Kristel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

Rekomendasi Berita