by

Siti Nurasiah*: Pandeglang, Kota Kecil Sejuta Cerita

 Siti Nurasiah
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Kota Pandeglang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Banten, letak Kota Pandeglang berbatasan dengan kota Serang.  Kota kecil ini memiliki beberapa nama julukan diantanya “ Kota Badak, Kota The Sunset of Java, Kota Berkah dan Kota Santri, julukan ini tersebar begitu saja di lingkungan masyarakat, bukan tanpa alasan julukan tersebut ada faktanya memang benar.
Pertama, kenapa disebut kota Badak karena Pandeglang memiliki sebuah Sarga Marga Satwa salah  yang amat terkenal di Indonesia dan manca Negara, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Ujung Kulon Pandeglang. Taman ini terjaga dan terawat dengan sangat baik agar keberadaan Badak Bercula Satu  tersebut tidak punah dan berkembang dengan baik, apalagi rumor yang berkembang keberadaannya hampir punah. Kalau itu terjadi maka tidak ada lagi julukan kota Badak di Kota Pandeglang ini. 
Kedua, Kota The Sunset of Java Kabupaten Pandeglang adalah bentuk kontradiksi dari Kabupaten Banyuwangi dalam urusan julukan, jika Banyuwangi dikenal dengan The Sunrise of Java, maka Pandeglang adalah The Sunset of Java karena, keberadaan Pantai-pantai yang sangat indah di pagi hari dengan air Pantai yang biru terlihat jelas terumbu karang di dasar pantai menambah kesan yang wajib untuk dikunjungi. 
Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu Pantai terindah yang dikunjungi oleh banyak orang bukan hanya  orang Indonesia saja tetapi sudah banyak manca Negara yang mengunjungi Pantai ini, keindahannya dapat menyaingi Bali dan Lombok, Pantai ini adalah Pantai terindah yang dimiliki Kota Pandeglang Banten.
Ketiga, kota Berkah,disebut demikian karena kota kecil ini memiliki semboyan yang harus dilestarikan khususnya oleh orang Pandeglang sendiri yaitu kata Berkah singkatan dari (Bersih,Elok,Ramah,Kuat,Aman, dan Hidup).
Keempat, kota Santri,disebut demikian karena kota kecil ini melahirkan banyak santri-santi atau Pondok-pondok Pesantren yang tersebar di kota Pandeglang ini baik itu Pondok Pesantren Modern ataupun salafiyi, santri-santri nya bukan hanya dari Pandeglang saja akan tetapi, dari luar Kota Pandeglang pun banyak yang merantau di Pandeglang untuk menuntut ilmu agama.
Kota kecil ini mempunyai banyak wisata yang masih terjaga dengan baik, diantaranya Pegunungan, yaitu Gunung Karang, Gunung Asepan, Gunung Pulosari dan sebagainya. Pantainya yaitu, Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, Pantai Binaungen dan sebagainya. Curugnya yaitu, Curug Putri, Curug Ciajeng Kembar, Curug Janggalong, Curug Cinoyong dan masih banyak lagi, pemandian yang asli dari pegunungan Pandeglang yaitu Pemandian Air Panas Cisolong, Pemandian Cikoromoy, Pemandian  Cihunjuran, dan masih banyak lagi. Akses untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di Pandeglang akses jalannya masih sulit untuk dilalui, tetapi semua itu akan terbayarkan dengan keindahan alamnya pengunjung akan  dimanjakan dengan pemandangan-pemandangan gunung yang membentang luas dan hamparan sawah-sawah yang luas serta hawa dingin yang masih kentara di setiap perjalanannya.[]

*Mahasiswi Pendidikan Agama Islam, Fakultas  Tarbiyah dan Keguruan, Universitas: Sultan Maulana Hasannudin Banten

Comment

Rekomendasi Berita