by

Tingkatkan Program Prolanis, BPJS Kesehatan Gelar Evaluasi

Suasana saat pertemuan sedang berlangsung.[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS UTARA – Dalam rangka meningkatkan kesehatan bagi peserta penderita penyakit kronis di Kabupaten Nias Utara, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menggelar kegiatan evaluasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Kabupaten Nias Utara, Kamis (16/05). 
Kegiatan tersebut tampak dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Nias Utara, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, serta Para Kepala Puskesmas yang berada diwilayah Nias Utara.
Dalam sambutan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Marni Nazara menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan evaluasi program prolanis dalam skema JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. 
“Kami berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan evaluasi program prolanis di Kabupaten Nias Utara. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami, melihat cukup banyaknya peserta program Prolanis yang tersebar di 8 puskesmas yaitu Puskesmas Tuhemberua, Puskesmas Tugalaoyo, Puskesmas Gido, Puskesmas Namohalu Esiwa, Puskesmas Lotu, Puskesmas Lahewa Timur, Puskesmas Lahewa, dan Puskesmas Awa’ai. Dengan adanya evaluasi ini, kami berharap kedepannya akan terjadi peningkatan mutu layanan bagi peserta prolanis. Kami juga siap mendukung dan mengimplematasikan kebijakan yang sekiranya dapat mendorong keberhasilan program ini dan meningkatkan kesehatan peserta prolanis,” tuturnya dihadapan para peserta evaluasi.
Ditempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunugsitoli, Harry Nurdiansyah dalam pemaparan materi menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan senantiasa menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Nias Utara dan Puskesmas yang berada diwilayahnya, guna meningkatkan mutu dan kualitas program Prolanis di Nias Utara. 
“Kami akan senantiasa mendukung dan mendorong agar pelaksanaan Program Prolanis ini terselenggara secara berkualitas dan dapat bermanfaat secara optimal bagi peserta JKN-KIS. Kami akan terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Nias Utara. Kami berharap program ini dapat benar-benar bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya. 
Orang nomor satu BPJS Kesehatan di Kepulauan Nias itu juga menjelaskan bahwa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memiliki kewajiban untuk melakukan edukasi kepada peserta.
“Program ini dilaksanakan bagi peserta JKN-KIS yang menderita penyakit diabetes melitus tipe 2, Hipertensi, dan/atau penyakit kronis lainnya yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, untuk itu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memiliki kewajiban untuk melakukan edukasi kepada peserta tentang manfaat pelayanan prolanis. Disamping itu, Peserta penyakit kronis harus didaftarkan melalui aplikasi yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, begitu pula dengan penderita penyakit kronis yang telah terdaftar menjadi peserta Program Rujuk Balik wajib menjadi peserta Prolanis,” tandasnya.
Harry menambahkan bahwa manfaat program Prolanis ini meliputi konsultasi kesehatan dan pemeriksaan, pelayanan obat, pemeriksaan penunjang, dan kegiatan kelompok. Serangkaian manfaat tersebut diberikan oleh Tim Prolanis Terpadu di FKTP yang terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan dan/atau tenaga lainnya.
Sejenak sebelum mengakhiri, dipertemuan tersebut Harry menyampaikan harapan agar evaluasi prorgam prolanis yang telah disepakati ini dapat berjalan dengan baik dan lebih dioptimalkan lagi. 
“Saya berharap, melalui kegiatan ini, taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Nias Utara dapat terus meningkat, terutama bagi peserta program Prolanis. Kami percaya bahwa upaya ini tidak akan kembali dengan sia-sia selama kita menjalankannya dengan optimal. Untuk itu kami sampaikan, bahwa kami akan terus mendukung terlaksananya kegiatan ini melalui komunikasi dan koordinasi yang baik dengan dinas kesehatan dan puskesmas di Nias Utara,” tutupnya. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita