Ajarkan Pola Hidup Sehat Kepada Masyarakat, Dinas Kesehatan, P2KB Kabupaten Nias Sosialisasikan Dashat

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Nias menurunkan angka stunting, Dinas Kesehatan, P2KB Kabupaten Nias melalui program Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) melakukan sosialisasi hidup sehat di Desa Fadoro Lalai, Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Kamis (14/12/2023).

Mewakili Kepala Desa, Sekretaris Desa Fadoro Lalai Noperyunus Mendrofa menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan, P2KB Kabupaten Nias di kantor desa.

“Dengan kegiatan ini, kita selaku peserta nantinya dapat mempraktekkan di rumah kita masing-masing,” ucapnya mengawali sambutan.

“Harapan kami dari Pemerintah Desa, kegiatan hari ini tidak hanya sebatas disini saja. Bagi ibu-ibu yang belum berkesempatan hadir ditempat ini karena dibatasi, mari kita turut menyampaikan apa yang telah kita dapatkan dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara pada penyampaian arahan Kasi PKK pada Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias, Lestariani Larosa mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada sore hari ini adalah tindak lanjut dari kegiatan yang pernah kita laksanakan di tingkat kabupaten. Tujuannya adalah untuk menurunkan angka stunting. Paling tidak dari angka yang telah ditentukan kita dapat menurunkan hingga 14 persen,” ungkap Lestariani.

Ia berharap, kelompok yang menjadi sasaran kegiatan, yakni remaja putri, ibu hamil, ibu menyusui dan anak Baduta dapat menerapkan pola hidup sehat.

“Kami berpesan, kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini tidak terhenti disini, melalui kegiatan posyandu ibu-ibu kader juga dapat menyampaikan kepada ibu-ibu lainnya,” pesan Lestariani kepada para peserta sosialisasi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada Pemerintah Desa Fadoro Lalai berupa kompor gas, kuali beserta sendoknya oleh Kasi PKK pada Dinas Kesehatan P2KB Kabupaten Nias.

Terpantau dalam kegiatan tersebut, Pos Pemulihan Gizi (PPG) dari UPTD Puskesmas Botombawo turut mendemokan memasak makanan sehat bersama dengan ibu-ibu kader posyandu.

Adapun yang menjadi desa lokus stunting di Kecamatan Hiliserangkai yakni sebanyak 3 desa, antara lain Desa Fadoro Honogoa, Desa Lolowua dan Desa Lolofaoso.[]

Comment