by

Apresiasi Untuk BUMN dan Brand Inovatif di Masa Pandemi

 

 

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Senin (30/11) – Selama pandemi, banyak perusahaan dan brand yang meluncurkan inovasi terbaru dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19. Inovasi-inovasi yang diluncurkan pun terbukti menjadi solusi dalam mempertahankan, bahkan bisa menaikan kembali kinerja perusahaan ke arah yang positif. Selain itu, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga turut memberikan kontribusi dalam membantu keberlangsungan usaha di sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan dan brand yang telah mampu menghasilkan berbagai inovasi, juga kontribusi BUMN terhadap UMKM, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID menyelenggarakan tiga penghargaan dengan mengusung tema TOP INSPIRING CSR & INNOVATION BRANDS. 

Penghargaan pertama, TOP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PKBL OF THE YEAR 2020. Sebagai bentuk apresiasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TRAS N CO Indonesia bekerja sama dengan media INFOBRAND.ID menyelenggarakan Indonesia TOP Corporate Social Responsibility Program Kemitraan & Bina Lingkungan (CSR PKBL) Of The Year 2020 Award . 

TOP Corporate Social Responsibility Program Kemitraan & Bina Lingkungan Of The Year 2020, merupakan penghargaan yang khusus diberikan kepada BUMN yang dinilai telah berkontribusi dan melibatkan diri secara aktif menciptakan dan menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada 25 perusahaan BUMN terpilih berdasarkan survei, yang dinilai berhasil menggulirkan program PKBL Kewirausahaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Penghargaan kedua, TOP INNOVATION CHOICE 2020 AWARD, merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi, yang diberikan kepada brand atas keberhasilannya menciptakan inovasi terhadap produk atau layanannya, berdasarkan tiga aspek penilaian; Innovation Idea, Innovation Advantage dan Innovation Differentiation Aspect. Untuk menentukan peraih penghargaan ini, dilakukan survei Top Innovation Choice Index terhadap lebih dari 200 inovasi produk atau layanan yang diciptakan oleh perusahaan atau brand. Terpilih 80 brand meraih TOP Innovation Choice Award 2020.

Penghargaan ketiga, PERTAMA DI INDONESIA 2020, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas sebuah prestasi inovasi dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk atau jasa dan menjadi pionir di kategori produk atau jasa yang diciptakan.

Penghargaan ini berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan Metodologi Penilaian; The First Aspect, Evidence Aspect & Validation Aspect. Penghargaan ini diberikan kepada 25 Brand Terpilih dan Tersurvei, dan telah berhasil menciptakan inovasi baru sebagai yang Pertama di Indonesia di kategorinya.

Penyerahan penghargaan diselenggarakan melalui video conference dengan konsep e-awarding ceremony, pada Senin 30 November 2020. 

CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas penghargaan TOP Corporate Social Responsibility PKBL of The Year 2020 Tri Raharjo mengungkapkan, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) menjadi bagian penting bagi setiap BUMN. 

Pada penghargaan kali ini kami fokus melakukan penilaian untuk program kemitraan khususnya untuk program wirausaha & UMKM. Program-program tersebut secara nyata telah mampu menumbuhkan UMKM yang mandiri dan berkembang,” ungkap Tri, dalam Online Press Conference yang digelar pada Senin (30/11).

Tri juga, menjelaskan bahwa TRAS N CO Indonesia telah mengumpulkan data-data perusahaan atau brand-brand inovatif yang terbukti berhasil menciptakan sebuah inovasi. Inovasi tersebut tidak hanya berdampak langsung bagi perusahaan untuk bertahan dan melewati krisis, hingga menciptakan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang telah berubah selama masa pandemi. 

“Untuk itu TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan atau brand inovatif dalam bentuk penghargaan Pertama Di Indonesia & TOP INNOVATION CHOICE Award 2020. Penerima penghargaan merupakan perusahaan dan brand yang telah dipilih berdasarkan paramater penilaian yang telah ditentukan,” jelas Tri. 

Editor in Chief INFOBRAND.ID Panji Nurdiyan Syah menambahkan bahwa menciptakan inovasi bagi brand dan perusahaan merupakan keniscayaan yang harus dilakukan. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang penuh tantangan saat ini. Perusahaan dan brand yang tidak melakukan inovasi akan sulit berkembang dan kalah dalam menghadapi persaingan. 

“Inovasi memiliki peranan yang sangat penting. Terutama dalam menghadapi kompetitor serta berbagai tantangan yang muncul. Tantangan pandemi misalnya, tentu solusi yang paling tepat melewati kondisi pandemi adalah dengan melakukan terobosan melalui berbagai inovasi,” tambah Panji. 

Panji mengatakan bahwa INFOBRAND.ID selaku media pertama di Indonesia yang fokus terhadap perkembangan brand, akan terus memberikan suport kepada berbagai perusahaan dan brand untuk berkembang serta menciptakan terobosan inovasi terbaru. 

“Kami berharap melalui penghargaan Pertama Di Indonesia dan TOP INNOVATION CHOICE ini, dapat memacu kreatifitas perusahaan dan brand yang ada untuk terus berinovasi agar semakin unggul dan terdepan di mata konsumennya,” kata Panji. 

Berikut adalah perusahaan BUMN yang menerima penghargaan Top Corporate Social Responsibility Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) Of The Year 2020:

  1. PT Timah (Persero) Tbk. 
  2. PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. 
  3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 
  4. PT Jamkrindo (Persero).

Dan berbagai perusahaan lainnya.

Berikut adalah perusahaan dan brand yang meraih penghargaan PERTAMA DI INDONESIA & TOP INNOVATION CHOICE 2020 Award: 

  1. ROOM ME untuk kategori Virtual Kost Operator Pertama Di Indonesia. 
  2. PANASONIC NANOE X AIR E-GENERATOR dengan inovasi Teknologi Nanoe X, penghasil ion berbentuk partikel air berukuran nano yang bekerja dengan cara melepaskan radikal hidroksil.
  3. KALBE FARMA dengan inovasi H2 Cordyceps Militaris, Suplemen bahan alami untuk perkuat imunitas tubuh di era new normal.
  4. BANK BCA dengan inovasi WELMA (Wealth Management), platform digital berbentuk mobile apps yang digunakan untuk pembelian produk-produk investasi seperti reksa dana dan obligasi, dan Fitur BagiBagi, fitur yang memungkinkan pengguna mengirim uang hingga 99 penerima secara bersamaan
  5. MORINAGA dengan inovasi Morinaga Heiko+ Water, air murni bebas mineral pelarut asupan si kecil.
  6. SIGNIFY dengan inovasi Philips UV-C Disinfection Desk Lamp, lampu meja disinfeksi UV-C mudah digunakan, dengan panel kontrol ringkas dan dilengkapi panduan suara internal.
  7. AKARI dengan inovasi Smart Connect, televisi pintar dengan teknologi SmartConnect, mampu koneksikan ‘smartphone’ ke layar TV.
  8. ANTIS dengan inovasi Antis Jasmine Tea, hand sanitizer spray beraroma Jasmine Tea. 
  9. PT PESONNA INDONESIA JAYA dengan inovasi The Gade Coffee & Gold, outlet layanan prioritas Pegadaian berkonsep Coffe Shop.
  10. MUSTIKA RATU dengan inovasi Herbamuno+, kombinasi science, technology & nature dalam 1 produk untuk tingkatkan imunitas tubuh di era New Normal.
  11. SICEPAT EKSPRES dengan inovasi SiCepat Halu, Harga Mulai dari Rp5.000
  12. SYAWAL TRAVEL dengan inovasi Umroh Weekend & Layanan Disabilitas, program umroh weekend (3 malam) dan layanan jamaah disabilitas.

Dan berbagai brand dan perusahaan lainnya.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − fifteen =

Rekomendasi Berita