by

Ayu Aspuriah*: Tips Meningkatkan Percaya Diri

 Ayu Aspuriah
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Semua orang butuh rasa percaya diri agar mantap dalam melangkah, mengambil keputusan, dan bertindak didepan umum. Kepercayaan diri harus harus terus dipupuk dengan cara selalu berfikir positif bahwa anda dapat melakukannya. Membangun percaya diri, perlu usaha yang ulet dan continue bukan hanya kemauan tapi ada formula yang jitu untuk memupuk diri kita menjadi lebih percaya diri. 
Nervous, begitu karta orang menyebutnya. Fitrah dari manusia memang mempunyai sifat tersebut. Namun, jangan terlalu kebanyakan karena bisa berdampak pada kemajuan bahkan akan menghancurkan minat dan bakat. 
Berikut ini 5 cara meningkatkan rasa percaya diri untuk membentuk karakter pribadi yang jauh dari kata nervous dan lebih tangguh.
1. Lihat diri anda
Pertama, lihatlah kelebihan anda atau intropeksi diri. Apabila anda sudah mengenal diri anda maka mudah untuk merubahnya. Jika anda seorang pendusta maka jujur dan sadarlah dan jika anda pemalu maka beranikanlah.
2. Buka hati anda 
Setelah mengetahui diri anda,selanjutnya memulai dari dalam hati, i’tikadkanlah dalam hati bahwa anda bisa dan hanya anda yang dapat melakukannya serta tidak ada yang melarang.
3.Tenangkan diri anda 
Selanjutnya, bersifat tenang karena itu sangat penting. Kendalikan diri dan tetaplah tenang ketika seseorang menguji mental dengan mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, tetap fokus kepada apa yang anda kerjakan serta anggap semua tidak terjadi.
4. Keberanian dan beraktivitas
Ini harus dimiliki oleh anda, kenapa? karena sangat berpengaruh untuk menghilangkan rasa nervous. So, percuma anda sudah tahu siapa diri dan kemampuan anda, tetapi tidak mempunyai keberanian. Maka hasilnya “ No Seen” tidak ada yang anda harapkan dalam meningkatkan rasa percaya diri.
5.Penampilan anda 
Tips yang terakhir yaitu penampilan anda. Buatlah semua orang mengagumi dan merasa heran dengan apa yang anda lakukan. Padahal anda salah seorang yang mempunyai sifat nervous (tidak ada keberanian). Tentunya dengan tips saya ini mudah-mudahan dapat membuat hidup anda lebih hidup.[]
*Mahasiswi PAI Smt 2 UIN SMH Banten

Comment

Rekomendasi Berita