by

BNN Cianjur Sosialisasi Rehabilitasi Dan Pascarehabilitasi

RADARINDONESIANEWS.COM, CIANJUR – Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cianjur, melaksanakan sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi pada sejumlah jajaran OPD dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) di Aula Kantor BNNK Cianjur (Kamis,18/5/2017). Kegiatan ini mengusung pembahasan tentang penyalahguna narkoba yang harus diselamatkan karena merupakan korban yang berhak hidup sehat.

Sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi ini diikuti 20 peserta, yang bergerak di bidang rehabilitasi baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat di Kabupaten Cianjur, yaitu RSUD Cimacan, Yayasan Miftahul Huda Al-Musri’, Yayasan Recovery Adiksi, Yayasan Penuai Indonesia, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Kepala BNNP Jabar, Brigjenpol Drs. Rusnadi, menyampaikan bahwa terjadinya peningkatan angka prevalensi penyalahguna narkoba di Jawa Barat sudah mencapai 2,45% atau setara dengan 850-900 ribu jiwa, dan peredaran gelap narkotika di Jawa Barat menempati peringkat ke-6 seluruh Indonesia, data tersebut menunjukan perlunya optimalisasi upaya P4GN, salah satunya melalui upaya rehabilitasi terhadap pecandu narkoba.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa arah kebijakan BNN dalam program rehabilitasi adalah melakukan pengembangan sebagai pusat pengkajian, pusat layanan dan pusat pelatihan (Center of Excellent), meningkatkan kemampuan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah dan komponen masyarakat, serta mengembangkan program pascarehabilitasi untuk menurunkan angka kekambuhan secara terukur.

“Apabila semua program tersebut dapat berjalan dengan baik maka InsyaAllah angka prevalensi penyalahguna narkoba di Jawa Barat dan di Indonesia ini akan menurun” tambah Kepala BNNP Jabar.

Kegiatan sosialisasi program rehabilitasi dan pasca rehabilitasi ini menghadirkan dua (2) narasumber dari BNN Provinsi Jawa Barat yaitu : Kepala BNN Jawa Barat dengan materi Kebijakan dan Strategi P4GN di Jawa Barat, dan Kabid Rehabilitasi BNNP Jabar Tri Wahyu Astuti, SE dengan materi Program Rehabilitasi Bagi Pecandu Penyalah Guna Narkotika,.

Melalui kegiatan ini diharapkan kepada lembaga terkait untuk dapat melaksanakan kegiatan rehabilitasi yang baik serta terjalin komitmen bersama demi tercapainya tujuan menyelaraskan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.[]

Comment