by

Bupati Nias Himbau Stakeholders Terkait Sukseskan Program Kesehatan

Pelaksanaan Forum SKPD Kesehatan Kabupaten Nias 2017.[Marinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Forum SKPD bidang kesehatan Kabupaten Nias dihadiri langsung oleh Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Loaoli, MM dan turut didampingi Wakil Bupati Arosokhi Waruwu, SH. MH bersama Ketua DPRD Yaredi Laoli, S.Pd, para Pimpinan SKPD, anggota DPRD serta sejumlah peserta lainnya yang dilaksanakan di Ruang Rapat lantai dua RSUD Gunungsitoli, Rabu (15/03)

Bupati Nias pada penyampaiannya mengatakan, bahwa pembangunan kesehatan pada dasarnya bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat, yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara ekonomi. Karena dengan demikian, upaya pembangunan kesehatan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat secara merata, bermutu, tidak diskriminatif dan berkeadialan.

Lebih lanjut Buapti Nias menginformasikan, bahwa pembangunan di bidang kesehatan di Kabupaten Nias, menunjukkan perkembangan yang bagus seperti halnya RSUD Gunungsitoli yang terakreditasi dengan pengelolaan keuangan BULD serta peningkatan pelayanan VIP dan Haemodialisa (cuci darah) ditambah dengan 12 unit Puskesmas, 28 unit Puskesmas pembantu dan 53 unit Poskesdes (Posyandu Plus) serta 9 unit ambulance dan 15 unit Puskesmas keliling double gardan.

Dalam hal mensukseskan program-program kesehatan mayarakat, Bupati berharap agar seluruh stakeholders terkait untuk lebih proaktif, sehingga tujuan memberhasilkan kesehatan mayarakat dapat tecapai demi kesejahteraan mayarakat itu sendiri. Belum maksimalnya pemerataan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang optimal, disebabkan oleh letak gografis kabupaten Nias yang berada di wilayah terluar, terpencil, rawan bencana alam serta rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat.

Kalau dilihat secara nasional, bahwa agenda pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 adalah mewujudkan akses mutu pelayanan kesehatan yang semakin mantap, sehingga setiap orang, mendapatkan hak pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan yang terstandard dengan biaya terjangkau. Sehingga dengan demikian, untuk mewujudkan hal tesebut diperlukan kebersamaan pemahaman seluruh pemangku kepentingan, komitmen yang kuat dan kepemimipinan yang konsisten baik di tingkat nasional maupun di daerah.Sebagai harapan dalam hal pelaksanaan Forum SKPD Kabupaten Nias Tahun 2017 ini, diharapkan menjadi moment penting dalam merumuskan berbagai program dan kegiatan, dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias tahun anggaran 2017. (Rinus)

Comment