by

Bupati Nias Kunjungi Penderita Gizi Buruk Dari Lahewa Nias Utara

Bupati Nias, Drs Sokhiatulo Laoli, MM bersama isteri saat mengunjungi penderita gizi buruk.[Rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS –  didampingi Nyonya bersama sejumlah TP PKK Kabupaten Nias Kunjungi Rival Meikalis Laoli, (1,4 tahun) penderita gizi buruk dari Desa Afia, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara di ruang rawat inap anak RSUD Gunungsitoli, Selasa siang sekitar pukul 11:05 Wib (29/8)
Dalam kunjungan tersebut, Bupati Nias langsung menuju ruangan perawatan Rifal Meikalis Laoli di lantai II RSUD Gunungsitoli yang sedang terbaring lemas di dampingi ibu kandungnya Emilia Baeha (25 tahun). 
Emilia Baeha, pada penjelasannya secara singkat kepada Bupati Nias bahwa penyakit yang diderita anaknya, Rifal Meikalis Laoli adalah bukan bawaan lahir, “malah berat badannya ketika lahir sekitar 3,2 kg, hanya saja saat Rifal usia 1 bulan, saya beri makanan berupa makanan bayi dalam kemasan, karena saya tidak memberi asi sebab saya menderita sesuatu penyakit berupa bisul pada bagian tubuh tertentu,”jelas bundnya Rifal.
Lebih lanjut Emilia kepada Bupati Nias, akan derita yang dialami anaknya, di mana sebelum kelahiran Rival sang ayah pergi merantau yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya dimana dia berada, bahkan saya lah yang menjadi ibu sekaligus ayah dari anak kami yang kini sedang menderita akan penyakit yang dideritanya. 
Setelah mendapat penjelasan singkat dari Ibundanya Rival, oleh dokter spesialis anak yang menanganinya, menjelaskan kepada Bupati Nias bahwa penanganan Rifal di RSUD Gunungsitoli tertangani dengan baik guna memulihkan keadaan Rifal dari kondisi fisik sereta penyakit yang di deritanya.
Sebelum meninggalkan Rival di ruang perawatan, Bupati Nias dengan penuh keprihatinan dan keikhlasan, menyerahkan bantuan seadanya kepada Ibundanya Rival yang disusul penyerahan bantuan lainnya dari TP PKK Kabupaten Nias. 
Sesaat sebelum meninggalkan ruangan perawatan Rifal, Bupati Nias menghimbau kepada semua pihak yang merasa tersentuh hatinya akan keadaan dan kondisi Rifal yang penuh keprihatinan untuk mau berbagi dengan Rifal dan Ibundanya yang sedang menanti uluran tangan kita semua.
Masih di lingkungan RSUD Gunungsitoli, anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Amizaro Waruwu saat dimintai tanggapannya tentang Rifal Meikalis Laoli penderita gizi buruk, pada penjelasannya mengatakan bahwa Rifal adalah benar warga Desa Afia Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara, dan menurutnya hal tersebut sudah menjadi atensi Pemkab Nias Utara, bahkan kita sudah datangi langsung di ruang perawatannya.
Menyinggung masalah Posyandu dan bidan desa yang seharusnya mendeteksi secara dini kondisi Rifal, Amizaro Waruwu menghimbau kepada semua pihak terkait, agar mereka yang menangani balita di tiap desa, khususnya kader Posyandu dan bidan desa untuk memberi perhatian ekstra khsusus, baik dari sisi informasi dan selanjutnya tentang penanganan mengenai gizi dari setiap balita di masing-masing desa.
Sementara itu, Direktur RSUD Gunungsitoli dr. Julianus Dawolo, M.Kes kapada wartawan media ini mengatakan, bahwa peran penting semua pihak terkait untuk mendeteksi secara dini indikasi penderita gizi buruk di desa-desa, sangat diperlukan yang dimulai dari Posyandu hingga Puskesmas karena pihak tersebut yang berhubungan secara langsung kepada semua balita di tiap desa. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

Rekomendasi Berita