by

Terjun ke Lokasi Gempa Cianjur, SEHATY Rescue Bantu Pemeriksaan Kesehatan Pengungsi

 

RADARINDONESIANEWS.COM, CIANJUR — Penanganan tanggap Bencana Gempa Bumi di Cianjur terus berlanjut dan menguatkan solidaritas sesama anak bangsa yang spontanitas memberikan bantuan. Bantuan pemerintah dan berbagai elemen anak bangsa ini membangkitkan harapan bagi para korban.

Dalam kesempatan ini Organisasi Sahabat Selalu di Hati (SEHATY) melalui salah satu badan otonomnya yakni Sehaty Rescue pun turut bergerak dengan menggalang bantuan atau donasi dan terjun langsung membantu para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini.

Sehaty Rescue yang dikomandoi oleh Roy Hendra ini membuat posko kemanusiaan di Kp. Cisarua, Desa Sarumpad Kec. Cugenang Cianjur sejak 26 November lalu. Aktifitas Posko kemanusiaan ini adalah membantu para korban bencana hingga masa recovery atau pemulihan.

Selain menyalurkan sembako pada awal bencana gempa, saat ini Sehaty Rescue juga menggelar dapur umum dan pemeriksaan kesehatan keliling. Dalam hal ini Sehaty Rescue berkolaborasi dengan relawan medis RS Carolus dan Relawan Medis Univ Atmajaya.

“Mulai hari Minggu lalu (27/11) kami mulai melakukan pertolongan medis kepada para pengungsi yang menderita luka atau sakit, Alhamdulillah kita berkolaborasi dengan relawan RS Carolus dan Univ Atmajaya serta dapat bantuan obat-obatan dari BPBD Jawa Barat. Kami datangi satu persatu korban di beberapa kampung sekitar desa Sarumpad ini,” kata Roy Hendra Kord Sehaty Rescue.

Roy berharap agar penanganan pasca bencana ini lebih massif agar warga terdampak gempa bisa kembali hidup normal. Roy juga memberikan himbauan jika ada pihak yang ingin membantu lebih lanjut dapat dilakukan dengan cara transfer dana melalui rekening bank atau secara langsung datangi posko kemanusiaan yang dikelola oleh tim Sehaty Rescue ini di Kp. Cisarua RT 02/RW 04 Desa Sarumpad, Kecamatan Cugenang, Cianjur ini.

“Kami dari SEHATY Rescue telah membuka posko kemanusiaan pada Sabtu, 26 Nov lalu untuk secara langsung membantu korban gempa di lapangan dengan membuka dapur umum dan pemeriksaan kesehatan keliling,” kata Rosa salah satu relawan Sehaty Rescue.

Menurutnya, sampai saat ini para pengungsi korban gempa Cianjur ini masih tetap sangat membutuhkan bantuan mulai dari bahan pangan, pakaian, dukungan kesehatan, hingga kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Karena penanganan pasca bencana juga tidak kalah penting. Termasuk merehabilitasi trauma psikis, menjaga kesehatan dan membangun kembali pemukiman warga yang rusak atau hancur.

Untuk itulah Sehaty Rescue selain menyalurkan bantuan sembako dan pelayanan kesehatan melalui Posko Kemanusiaan yang sudah berjalan juga membuka Dapur Umum untuk menyiapkan makanan siap saji bagi para pengungsi.

“Untuk donatur yang ingin mengirimkan donasi dalam bentuk uang bisa melalui SEHATY Rescue dengan rekening Bank BCA 0700188990 atau menyalurkan bantuan secara langsung melalui posko kemanusian di Kp. Cisarua, Desa Sarumpad, Kec. Cugenang, Cianjur.” ujar Roy Hendra.

Sementara itu dihubungi di tempat terpisah, Ketua Umum DPN SEHATY, Erwin H Al-Jakartaty mengatakan bahwa pihaknya mendorong Sehaty Rescue agar turut berperan aktif menghadapi bencana ini. Adanya bantuan penggalangan dana ini dan terjun langsung ke lapangan diharapkan bisa membantu sesama, terutama para korban gempa bumi ini.

Erwin yang juga Wadankonas Menwa Indonesia ini menambahkan, mengapresiasi banyak pihak seperti BNPB, BASARNAS, PMI, TNI/POLRI, Pemerintah dan berbagai Organisasi Masyarakat lainnya yang segera membantu para korban.

Dia juga berharap proses bantuan ini bisa berjalan dengan lancar dan maksimal sehingga korban luka dan trauma akibat gempa bisa secepatnya pulih. Terutama kepada pihak-pihak yang telah melakukan kolaborasi sosial dengan Sehaty Rescue.

Sehaty Rescue melakukan upaya penggalangan dana mulai Selasa lalu (22/11) hingga 20 Desember mendatang, dan terus membuka Dapur Umum dan pelayanan kesehatan di masa tanggap darurat yang diberlakukan pemerintah atas bencana gempa bumi Cianjur. Sehaty Rescue juga akan melakukan aktifitas trauma-healing bekerjasama dengan pihak lain untuk menghibur anak-anak korban bencana ini.[]

Comment