by

Ghinan Fazarrohman*: Dahsyatnya Manfaat Shalat Tahajud

Ghinan Fazarrohman
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA-  Di antara shalat wajib terdapat shalat sunnah yang dianjurkan Allah untuk dilakukan umat Nabi. Salah satu shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari ialah shalat tahajud. Kalian tahu? Hukum shalat tahajud adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Banyak hadist shahih yang menyebutkan macam-macam ganjarannya.

Mari simak beberapa keutamaan yang bisa didapatkan jika kamu ikhlas dan taat mengerjakan shalat tahajud.

1. Dekat dengan Allah

“Hendakah kalian mengerjakan qiyamul lail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim).

Selain lebih dekat dengan Allah SWT kita pun Insyaa Allah mendapatkan pengapusan atau pengampunan dosa. Dalam heningnya malam disaat insan terlelap pulas, Ketika seseorang bangun dari kenikmatan tidurnya, berwudhu lalu shalat tahajud untuk bermunajat kepada Allah maka sungguh ia mendapatkan ridho dan dicintai oleh-Nya.

2. Shalat Tahajud Memberi Pancaran di Wajah dan Hati

Ketika seseorang melakukan shalat di sepertiga malam ketika dipagi dan siang hari nya merasa segar, wajah terlihat bersinar dan semangat itu sudah dirasakan sendiri oleh banyak orang adapun hadist berikut:

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadist “Bahwa orang yang melaksanakan shalat tahajud wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Salah Satu Cara Bersyukur

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata: “Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau, lalu aku katakan kepada beliau, engkau melakukan seperti ini, ya Rasulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’ Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR. Bukhori).

Rasulullah saja yang sudah dijamin masuk surga selalu mengerjakan shalat malam, apalagi kita hanya hamba yang dhoif, banyak lakukanlah sunnah Rasul karena bila dilakukan mendapat pahala dan ditinggalkan pun memang tidak berdosa tetapi rugi. Mengapa rugi? Karena apa kita tahu pahala kita sudah banyak? Maka rugi jika tidak melakukan selain yang wajib yaitu sunnah-sunnah yang rasul ajarkan.

4. Mendapat Tempat yang Baik di Sisi Allah SWT

Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” ( QS. Al-Israa’ : 79). Masih mau terus terlelap melewatkan malam-malam untuk shalat tahajud?

5. Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim).

Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda “Rabb Allah Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir”. Lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Dengan itu, shalat tahajud ini adalah salah satu ibadah yang tepat agar dapat terkabulnya doa yang kamu lantunkan dan segala permintaan kepada Allah SWT.

6. Termasuk Golongan Shalih

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

Kebiasaan orang orang shalih jika diteladani dalam diri maka termasuk bagian dari mereka. Selain itu, disebutkan juga shalat malam mencegah penyakit, memang kebaikan dunia akhirat ya.

7. Terhindar dari Rasa Malas

“Syaitan mengikat di pangkal kepala seseorang darimu saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, ‘Malammu sangat panjang, maka tidurlah! Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas’. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.” (HR. Bukhari).

Mau lebih bersemangat dipagi hari? Coba lakukanlah shalat malam yang mencegah dari sifat malas dan bersemangat.

8. Jaminan Selamat Masuk Surga

Kamu akan mendapatkan jaminan masuk surga dari shalat tahajud. Sesuai sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi: “Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, shalat malamlah saat orang sedang terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

9. Menolong di Hari Mahsyar

Orang yang berqiyamul lail diberi keringanan dari Allah ketika berdiri di panasnya mahsyar. Keringanan itu sesuai dengan lamanya berdiri ketika berqiyamul lail.

Ibnu Abbas RA. berkata, “Barangsiapa yang ingin mendapatkan keringanan akan lamanya berdiri di padang mahsyar, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah dengan lamanya berdiri, rukuk, dan sujud dalam qiyamul lail“ (Ibnu Jarir dalam Tafsirnya).

Orang yang selalu bertahajud dengan ikhlas sangat disayangi Allah SWT. Yuk rajin shalat tahajud!

*Mahasiswi UIN SMH Banten

Comment

Rekomendasi Berita