by

Hastaria Marissa, S.P: Ramadhan Momentum Kesholehan Umat

  Hastaria Marissa, S.P
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Bulan penuh berkah yang dinantikan kaum muslim di seluruh dunia telah tiba. Kaum muslim menyambut bulan ini dengan antusias. Berlomba-lomba melakukan amalan-amalan. Segala amal ibadah yang dilakukan di bulan ini memperoleh pahala yang berlimpat. Bulan yang di dalamnya penuh Rahmat dan ampunan. Perintah untuk memperbanyak bersedekah, Tadarus Al-quran juga ibadah Sunnah dan lainnya. Definisi ibadah yang luas maknanya yang intinya segala amalan kebaikan yang mendekatkan kita pada Allah. 

Sejarah Islam telah mencatat momen-momen mulia di bulan Ramadhan. Para sahabat yang melakukan aktivitas dakwah dan jihad. Aktivitas dakwah yang sangat krusial di tengah berbagai problematika yang melanda negeri ini. Benci terhadap kedzoliman yang terjadi. Bersabar dalam ketatan bukan berarti berdiam diri terhadap kemungkaran. Saling mengingatkan kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. Dakwah wujud cinta kepada sesama manusia, cinta kepada negeri ini. Agar negeri ini selalu berada dalam limpahan Rahmat-Nya dan dijauhkan dari segala macam bencana. Bencana yang bisa terjadi akibat ulah tangan manusia yang senantiasa melakukan kerusakan dan kedzoliman. 

Aktivitas jihad dengan kegemilangan perang Badar, penaklukan Kota Suci Mekkah, perang Tabuk menaklukan Romawi, penaklukan Andalusia dan lainnya. Momen Ramadhan juga menorehkan sejarah bagi Indonesia dengan diraihnya kemerdekaan. Semua tidak akan terjadi bila tidak dengan Berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa. Maka seharusnya momen bulan Ramadhan ini dijadikan momentum untuk mewujudkan kesholehan umat. Tidak mencukupkan pada kesholehan individu semata. Semua dilakukan agar kebenaran, keadilan dapat tegak di muka bumi. Sehingga kemuliaan, kehormatan manusia pun dapat terjaga.

Marhaban Ya Ramadhan untuk Kaum Muslim di Indonesia dan dimanapun. Semoga momen Ramadhan ini dapat kita gunakan sebaik-baiknya untuk terus meningkatkan Iman, ketakwaaan yang sempurna dalam berupaya mentaati seluruh perintah-Nya. Aamin Ya Robbal Alamin. (*HM).

Penulis dari Kota Palangka Raya,  Kalimantan Tengah

Comment

Rekomendasi Berita