by

Ini Kata Koh Ahok Tentang Plt Gubernur DKI

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akhirnya menyerahkan sementara jabatannya kepada Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Pelantikan Sumarsono sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur digelar Rabu, (26/10/2016) di kantor Kemendagri.

Koh Ahok beserta wakilnya, Djarot Saiful Hidayat, hadir mengenakan setelan jas dan peci hitam. Keduanya harus menjalani masa cuti kampanye dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 karena ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Pelantikan pelaksana tugas gubernur dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Yuswandri A Temenggung. Dia membacakan kewenangan yang diperoleh oleh pelaksana tugas gubernur.

Setelah peresmian, Ahok berkesempatan menyampaikan ucapan selamat serta pesan kepada Sumarno, atau kerap disebut Soni, yang menjadi penggantinya. Dalam pidatonya, Ahok justru berseloroh tentang pandangannya terhadap Soni.

“Pertama kali saya lihat di foto, kok kayaknya orangnya enggak baik. Tapi, setelah ketemu langsung, ternyata orangnya baik,” kata Koh Ahok terkekeh. Ahok pun mengaku tidak mau lagi menilai orang sekadar melihat fotonya karena akan keliru.

Dia menyebut Menteri Tjahjo Kumolo tidak salah memilih calon penggantinya karena dia yakin Soni pejabat yang berpengalaman. Sebelumnya, Soni pernah menjadi pelaksana tugas Gubernur Sulawesi Utara. “Saya yakin beliau pengalaman. Apalagi kalau Dirjen pasti lebih berpengalaman dari kami.”

Koh Ahok berharap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 berjalan tepat waktu ketika dipimpin Soni. Dia juga meminta Soni tidak kaku dalam menyusun anggaran karena banyak orang yang akan membantu.

Kepada Soni, dia berjanji akan mengurangi pekerjaan rumah yang menumpuk bagi pelaksana tugasnya nanti. “Saya usahakan pekerjaan rumah menipis. Nanti ibu (istri) cemberut di rumah. Mudah-mudahan semua berjalan baik,” kata Ahok.[TB]

Comment

Rekomendasi Berita