by

Jika Ikut NATO, Finlandia Bakal Kena Hantam Nuklir Putin

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Militer Rusia dilaporkan tengah melakukan mobilisasi senjata nuklir ke dekat perbatasannya dengan Finlandia. Hal ini dilakukan saat Helsinki memutuskan untuk bergabung ke pakta pertahanan rival Moskow, NATO.

Dalam laporan Sky News, sebuah gambar yang dikirimkan seorang pengemudi memperlihatkan konvoi tujuh rudal Iskander yang bergerak ke ke kota Vyborg di Rusia barat. Rudal dengan jangkauan 500 km itu diketahui mampu membawa hulu ledak nuklir.

“Begitu Presiden Finlandia mengatakan mereka bergabung dengan NATO, seluruh divisi Iskanders, tujuh diantaranya … bergerak menuju Vyborg,” kata pengemudi itu dikutip Selasa, (17/5/2022).

“Semua peralatannya baru, truk Ural mengendarainya. Jadi, bersiaplah Finlandia, untuk bergabung dengan NATO.”

Finlandia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Rusia. Negeri Suomi itu memiliki perbatasan darat sepanjang 1.300 km dengan Negeri Beruang Merah.

Alasan Helsinki bersama Swedia mendaftarkan diri untuk menjadi anggota NATO karena merasa terancam oleh Rusia. Menurut kedua negara, ancaman ini semakin tinggi tatkala Moskow menyerang Ukraina.

Keputusan ini telah mengundang reaksi Kremlin. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa perluasan NATO di kedua negara tidak menciptakan ancaman bagi Rusia. Namun, ia mengkhawatirkan bila keanggotaan keduanya dalam pakta ini dapat memancing beberapa negara Barat menempatkan senjata mematikannya di sana.

“Tetapi memperluas infrastruktur militer ke wilayah ini tentu akan memberikan tanggapan kepada kami,” kata Putin kepada para Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), yang meliputi Belarus, Armenia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan dilansir dari Reuters.

“Apa (respons) itu – kita akan melihat ancaman apa yang dibuat untuk kita,” kata Putin di Istana Grand Kremlin.

“Masalah dibuat tanpa alasan sama sekali. Kami akan bereaksi sesuai dengan itu.”[]

sumber:cnbc

Comment