by

Kecamatan Gido Dan Idanogawo PILOT PROJECT Pengembangan Biogas

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH  secara simbolis menyerahkan bantuan ternak Sapi

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS  – Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH  secara simbolis menyerahkan bantuan ternak Sapi kepada penerima Program Bio Energi terpadu dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi TA. 2015 di Desa Saewahili Hiliadulo Kecamatan Idanogawo Jum’at, 22/01/2016.
Didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM  Ingati Hura, bersama Kepala BPMDK Kabupaten Nias Yulianus Zai, Camat Gido dan Camat Idanogawo.
Kepala BPMDK  dalam laporannya menyampaikan bahwa Program ini adalah program Pengembangan Kawasan pedesaan yang dananya bersumber dari DIPA Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi TA. 2015  sebesar Rp. 1.419.503.992,50 ( satu miliyar empat ratus Sembilan belas juta lima ratus tiga ribu Sembilan ratus Sembilan puluh dua rupiah lima puluh sen),dengan tujuan untuk mewujudkan kemandirian  energy dan ketahanan energy  bagi kelompok khususnya di desa-desa dan merupakan bagian untuk  menterjemahkan NAWA CITA Kabinet Kerja khususnya  di dalam kerangka membangun mulai dari pinggiran khususnya desa.
Menurut Kepala BPMDK Program ini  sebagai pilot project di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gido dan Kecamatan Idanogawo dan desa penerima manfaat adalah desa Sirete, Lolozasai dan Soewe di Kecamatan Gido sementara di Kecamatan Idanogawo, dese Maliwa’a, Saiwahili Hiliadulo dan desa Tiga serangkai  dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 14 Kelompok, yang terdiri dari 7 kelompok/Kecamatan di dua kecamatan tersebut.
Wakil Bupati Nias dalam arahannya menghimbau kepada seluruh penerima manfaat  agar benar-benar merawat dan memlihara ternak sapi dengan baik, menyediakan pakan ternak dan mengembangbiakkan, serta agar secara terpadu kotoran ternak dimanfaatkan dengan cara dikumpulkan dalam tabung reactor untuk dijadikan BIO GAS sebagai sumber energy terbarukan.
Selanjutnya Wakil Bupati Nias menyampaikan harapannya kepada Dinas terkait khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Nias untuk dapat melakukan pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan kesehatan ternak sapi secara berkala, pemberian suplemen dan obat-obatan,dan kepada Dinas  Perindag ESDM diharapkan dapat mendorong pemanfaatan dan pengembangan BIO ENERGI serta kepada BPMDK diharapkan dapat memberdayakan kelompok penerima manfaat,seterusnya agar dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dapat dianggarkan dalam APBDES.
mengakhiri sambutannya Wakil Bupati Nias secara simbolis menyerahakan sapi kepada penerima manfaat yang masing-masing mendapatkan 3 (tiga) ekor betina dan 1 (satu) ekor jantan dengan harapan dalam waktu dekat reactor biogas dapat difungsikan.(Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 5 =

Rekomendasi Berita