by

Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting: Saatnya Perempuan Menjadi Pelaku Pemilu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Evi Novida Ginting, sosialisasikan Pendidikan Pemilih Berbasis Perempuan,[Marinus/radarindonesianews.com]
RADARINDNESIANEWS.COM, NIAS – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Evi Novida Ginting, sosialisasikan Pendidikan Pemilih Berbasis Perempuan, yang diselenggarakan KPU Kabupaten Nias, di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Nias, Sabtu (09/12)
Evi Novida Ginting sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, mengatakan pentingnya memilki KTP-EL, sebagai syarat utama menjadi pemilih pada penyelenggaraan Pemilu yang akan datang.
Komisioner KPU RI tersebut menambahkan, untuk memastikan apakah warga sebagai calon pemilih telah terdaftar dalam daftar pemilih, ataupun beluim, menurutnya dapat melakukan pengecekan melalui website KPU, di www,kpu.go.id ataupun melalui sadalih.
Terkait peran perempuan menjadi pelaku Pemilu, menurut Novida Ginting, hal tersebut dapat dilakukan dalam berbagai hal, yakni: bisa menjadi penyelenggara atau sebagai peserta Pemilu itu sendiri. Karena, dalam hal kesetaraan gender, kaum perempuan diharapkan selalu optimis dan berani tampil pada berbagai segmen khususnya penyelenggaraan Pemilu.
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea menekankan masalah kepemilikan KTP-EL, karena dari hasil penelitian yang dilakukan di wilayah Sumatera Utara, masih terdapat sejumlah masyarakat yang belum memiliki KTP Elektronik, maka untuk itu Mulia Banurea mengharapkan kerjasama Pemerintah dalam hal ini, Dinas Dukcapil agar mengajak warga melakukan perekaman KTP-EL.
Menyinggung pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Sumatera Utara 2018, Mulia Banuera mengatakan bahwa sebagai informasi, tidak akan diikuti oleh calon perseorangan (independen) dan guna memastikan penyelenggaraan Pilgubsu ini terlaksana dengan sukses, diharapkan peran serta seluruh masyarakat dalam meningkatkan partisipasi pemilih, tak terkecuali pada Pemilu 2019.
Masih dalam kegiatan serupa, Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo, juga menyampaikan harapannya, secara khusus bagi kaum perempuan yang diharapkan menjadi agen sosialisasi Pemilu di wilayah masing-masing karena menurutnya, peran serta kaum hawa sangat penting bahkan menentukan dalam pelaksanaan sebuah Pemilu.
Pelaksanaan kegiatan ini, turut dihadiri Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Nias, Kadis Dukcapil, Kabid Politik Kesbangpol, KPU Nias Selatan, KPU Nias Barat, KPU Nias Utara, KPU Kota Gunungsitoli, Persatuan Dharma Wanita dan TP PKK serta beberapa ormas dan perwakilan perempuan dari masing-masing kecamatan. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 8 =

Rekomendasi Berita