by

KPK Wajib Usut Tuntas Proyek Tanpa Papan Nama Jalur Provinsi Jatim

Pengerjaan dan perbaikan jalan tanpa papan proyek .[Joko/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS. COM, JEMBER – Pelaksanaan kegiatan proyek jalur Provinsi Jatim yang berada di wilayah Kabupaten Jember tanpa dilengkapi papan identitas proyek, hal ini tentu saja bertentangan dengan UU Keterbukaan Informasi Publik.
Pelaksanaan kegiatan proyek tanpa dilengkapi papan proyek tentu saja sangat rawan dari penyimpangan anggaran Negara karena tanpa adanya papan indititas proyek, masyarakat di era trasparansi tidak bisa mengetahui sumber anggaran serta besaran anggaran kegiatan dan juga anggaran tahun berapa. Sementara ini pihak kontraktor, pelaksana kegiatan tersebut belum bisa dikonfirmasi perihal tersebut. 
Tampaknya KPK perlu turun tangan untuk mengusut tuntas perihal terjadinya palaksanaan proyek di jalur provinsi di wilayah Kabupaten Jember, sebab jika tidak ada tindakan tegas dikhawatirkan penilaian publik dalam penengakan hukum di Indonesia berjalan timpang, sehingga masyarakat akan menilai negatif dalam penegakan hukum. 
Sebab jika terjadi markup anggaran dan kecurangan dalam pelaksanaan kegiatan proyek lalu menyebabkan kerugian negara siapa yang akan dimintai pertanggung jawaban, apakah kontraktornya yang belum mencantumkan papan proyek ataukah instansi terkait karena belum ada teguran ke pihak ketiga(kontraktor) terkait pelaksanaan proyek atau mungkin KPK selaku pengawas dan penindak karena belum mengusut pelaksaan proyek tanpa papan nama tersebut?[JK]

Comment