by

Pelaksanaan Dana Desa Hiligodu Tanose’o TA 2016 Berjalan Baik

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pelaksanaan Dana Desa Hiligodu Tanose’o Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, Tahun Anggaran 2016 berjalan dengan baik tanpa kendala dengan didukung partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mensukseskan pembangunan di tingkat desa, sebagaimana disampaikan Kepala Desa Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa di Onohada Dusun III, Sabtu (17/12)

Kepala Desa Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa di Lokasi pelaksanaan kegiatan pekerjaan fisik kepada RADAR INDONESIA NEWS.COM mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Desa Hiligodu Tanose’o tentang APBDES TA 2016 dengan kesepakatan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menetapkan APBDES TA 2016 dengan Pendapatan Desa sebesar Rp 770. 442. 000.

Menurutn Etieli Mendrofa, bahwa rincian belanja desa dari jumlah pendapatan desa adalah untuk belanja penyelenggaraan pemerintah desa sebesar Rp 195.442.000 dan belanja pelaksanaan pembangunan desa Rp 499.441.000, sedangkan belanja pemberdayaan masyarakat desa sebesar Rp 51.505.000 serta belanja pembinaan kemasyarakatan dengan nilai Rp 24.000.000 yang artinya surplus sebesar Rp 39.287.

Etieli Mendrofa lebih lanjut menjelaskan bahwa pelaksanaan pekerejaan kegiatan fisik yakni berupa pengaspalan jalan dari dusun IV Hiligo’o menuju dusun III Onohada sepanjang 582 meter yang disertai bangunan pendukung lainnya yakni; pekerjaan parit beton 5 unit (sepanjang 138 meter), TPT 3 unit (sepanjang 36 meter) dan pekerjaan Dwiker Plat 1 unit (0,6 x 0,8 x 5,0) yang pelaksanaannya sudah mencapai 80% dan diperkirakan akan selesai sebelum akhir Desember 2016 ini.

Kabid PUEM BPMDK Kabupaten Nias Toharudin melakukan peninjauan kegiatan fisik di Dusun IV menuju Dusun III Desa Hiligodu Tanoseo, Sabtu (17/12) yang turut dihadiri Tenaga Ahli Kabupaten Dahrul arifin Harahap, ST, Pendamping Desa Kecamatan Hiliduho Agus Jaya Mendrofa dan Pendamping Lokal Desa Emaruari Waruwu dengan didampingi oleh kepala Desa bersama Perangkat Desa Lainnya dan BPD serta Tim Pelaksana Kegiatan Pekerjaan (TPK) bersama sejumlah mayarakat desa yang sedang melakasanakan pekerjaan.

Toharudin saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa seperti apa yang kelihatan di lapangan dalam pekerjaan pelaksanaan fisik Dana Desa Hiligodu Tanoseo berjalan bagus, baik dari sisi partisipasi masyarakat, keterlibatan BPD, LPM dan masyarakat itu sendiri. Hal senada juga disampaikan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Dahrul Arifin Harahap yang memuji pelaksanaan pekerjaan fisik yang terlaksana bagus, baik dari sisi tehnik pekerjaan maupun partisipasi masyarakat.

Kades Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa menanggapi hasil monitoring oleh tim yang hadir di lokasi, menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang menaruh perhatian akan pelaksanaan kegiatan Dana Desa Hiligodu Tanose’o sehingga ke depannya dapat di tingkatkan lebih baik lagi.

Mengakhiri penyampaiannya Kades juga mengucapkan terma kasih kepada pemerintah, yang berkomitmen memajukan pembangunan dari tingkat pemerintah terkecil, sebagaimana pencapaian Cita ke 3 dalam Nawa Cita Presiden Jokowi, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”. (Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita