by

Pemerintah Kabupaten Dan Umat Muslim Nias Barat Gelar Buka Puasa Bersama

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Pemerintah Kabupaten Nias Barat laksanakan kegiatan acara buka puasa bersama dan safari Ramadhan bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Sirombu Nias Barat, Rabu (07/06)

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setda Kabupaten Nias Barat, Fatohu Hia, A.Md dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan buka puasa besama dan safari Ramadhan diwilayah Nias Barat, yaitu untuk mempererat hubungan silaturahim Kaum Muslim/Muslimah dengan tokoh lintas Agama dan Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu pada penyampaiannya, mengatakan bahwa, selama memimpin di Daerah ini, kita patut bersyukur dan bangga karena, selain untuk kedua kalinya kita melaksanakan acara buka puasa bersama, yang merupakan bukti nyata bagi kita semua bahwa, hubungan umat beragama di wilayah ini patut dibanggakan karena, dapat hidup berdampingan dalam suasana damai dan harmonis dengan penuh kerukunan.

Dalam suasana yang sama, Ketua FKUB Kabupaten Nias Barat, Pdt. Yasaro Daeli, S.Th juga menyampaikan hal serupa, dimana atas berkat dan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa Pencipta langit dan bumi sehingga terjalinnya kerukunan antar umat beragama di Nias Barat, dengan penuh kedamaian serta saling menghormati yang tentunya membawa dampak positif khususnya bagi kita di Nias Barat tercinta.

Selanjutnya Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Ir. Nitema Gulo, M.Si mengajak para hadirin untuk bersyukur, atas berkat dari yang Maha Kuasa dimana melalui momentum buka puasa bersama dan safari Ramadhan ini, kita bisa bersilaturahim antara kaum Muslim di Kabupaten Nias Barat dengan tokoh masyarakat dan tokoh Pemerintahan.

Menurut Ketua DPRD, bahwa perbedaan itu adalah rahmat yang harus disyukuri yang artinya, secara khusus di wilayah Kabupaten Nias Barat telah berhasil menjaga kebhinekaan antar sesama umat bergama sehingga, kedamaian antara satu dengan lainnya dapat terus terjalin kerena saling menghargai dan menghormati.

Sementara itu, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan, “kita harus bangga sebagai Bangsa Indonesia dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebhinekaan, dan walaupun ada intrik perbedaan yang sedang terjadi saat ini, itu adalah Ujian Iman bagi kita semua sebagai umat bergama,”Ujar Bupati Faduhusi Daely.

“Dalam hal memaknai puasa pada Bulan Suci Ramdhan yang sedang berjalan, kita harus mampu mengendalikan diri dari hal-hal yang tidak baik karena, sepenuhnya hidup adalah hanya untuk hal baik seperti Tuhan kehendaki, dan puncaknya adalah Idul Fitri, sebagai kemenangan bagi umat, karena selama satu bulan penuh di bulan ramadhan, sesungguhnya ujian tersebut telah terlewati untuk meraih kemenangan,” kata Bupati penuh harapan.

Menyinggung tentang jalannya roda pemerintahan Kabupaten Nias Barat, Bupati Faduhusi Daely menjelaskan beberapa hal yang telah dilakukan, seperti sekolah gratis yang telah terealisasi mulai tahun lalu, beras sejahtera gratis, juga terealisasi, dan tinggal pupuk gratis yang sedang proses penerapan, walaupun demikian, semua itu mungkin masih jauh dari apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat, sehingga sana-sini masih terjadi kritikan atau kekesalan yang mewarnai pelaksanaanya, dengan harapan dapat menjadi berkat demi kemajuan Nias Barat lebih baik kedepan,”pungkas Bupati mengakhiri.

Selain dihadiri Bupati dan Wakil, juga turut hadir pada acara buka puasa bersama tersebut, Sekda Sabaeli Gulo, S.Ip Ketua DPRD Nias Barat, Ir. Nitema Gulo, M.Si, Wakil ketua Khmozaro Halawa, Anggota DPRD Ir. Yasiduhu Gulo, para Pimpinan SKPD, Ketua MUI Kabupaten Nias Barat, Kepala Kantor Menteri Agama RI Nias Barat, Camat Sirombu, Yupiter Daeli, S.Pd, Ketua TP PKK Ny. Insani Faduhusi Daely, Wakil Ketua TP PKK Ny. Leli Khenoki Waruwu Muspika Sirombu, Kepala KUA Kecamatan Sirombu dan para hadiri lainnya. (S.Gulo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =

Rekomendasi Berita