by

Pengurus LBN Periode 2021 – 2024 Dikukuhkan, Berikut Harapan Bupati Nias

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM kukuhkan Pengurus Lembaga Budaya Nias (LBN) Periode 2021 – 2024 bertempat di gedung serbaguna lantai III kantor Bupati Nias, Kamis (3/6).

Pada arahannya Bupati Nias menyampaikan dasar hukum pembentukan Lembaga Budaya Nias tersebut.

“Sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan yang telah mengamanatkan bahwa setiap Pemerintah Daerah tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota wajib menyusun dan membuat dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah masing-masing. Berkenan dengan hal tersebut maka melalui keputusan Bupati Nias Nomor 430/633/K/Tahun 2018 tentang pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Nias. Telah disusun dan diinventarisir objek pemajuan kebudayaan dalam rangka perlindungan, pemanfaatan, pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah sebagai bagian dari pemajuan kebudayaan Nasional dalam dokumen PPKD dimaksud,” ucap Bupati Nias menyampaikan dasar hukum pembentukan LBN tersebut.

Sebagai elemen masyarakat Nias, maka keberadaan dan kehadiran lembaga budaya Nias sebagai mitra Pemerintah Daerah, memiliki peran dan fungsi strategis dalam melakukan pembinaan pemberdayaan dan pendampingan kepada sanggar budaya atau kelompok seni, pelaku seni, budaya dan pariwisata serta pemangku kepentingan lainnya.

“Melalui acara pengukuhan pengurus LBN Kabupaten Nias pada hari ini, kita merasa senang dan bangga bahwa masih memiliki sifat dan komitmen yang tinggi untuk terus berbuat memajukan program/kegiatan dari pada kepengurusan LBN sebelumnya yang sudah puluhan tahun berkiprah dan berkarya di daerah kita,” ucap Bupati Nias.

Bupati Nias juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus LBN yang lama.

“Kepada Fona’aro Zendrato sebagai Ketua Umum LBN bersama pengurus lama periode 2017 – 2020 saya mengucapkan terimakasih dan kepada pengurus baru Ketua Umum LBN Kabupaten Nias Sof. Ndraha, S.Pd periode 2021 – 2024 kami sangat mengharapkan agar senantiasa berupaya dengan penuh dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih untuk dapat menyusun, merencanakan dan memprogramkan berbagai kegiatan dalam rangka penggalian nilai-nilai kebudayaan, adat istiadat dan tradisi lokal untuk dikembangkan, dimanfaatkan serta diwariskan kepada generasi yang akan datang tanpa tercabut dari akar budaya daerah itu sendiri,” ucap Bupati berterimakasih.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + seventeen =

Rekomendasi Berita