Pentingnya Pemahaman Wawasan Kebangsaan Sejak Masa Sekolah.

Berita414 Views
Sis24/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER –  Sejak Senin 18 Juli 2016 siswa siswi baru sudah memasuki tahun ajaran baru, sejak saat itu berbagai kreasi sekolah dalam memberikan pembekalan kepada siswa siswi baru tentunya untuk Tahun Ajaran 2016 ini terjadi perubahan yang signifikan di Kabupaten Jember karena semua sekolah dilarang mengadakan masa orientasi yang kurang mendidik untuk menghindari berbagai tanggapan masyarakat terhadap orientasi sekolah itu sendiri.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Jember pada tahun Ajaran 2016 ini resmi mengeluarkan kebijakan sekolah gratis bagi Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) yang mendapatkan apresiasi luar biasa bagi masyarakat.

Pada masa-masa orientasi kali ini dengan berbagai kebijakan baru Pemerintah Kabupaten Jember tentunya sekolah sekolah memilih hal-hal yang praktis dalam memberikan orientasi kepada siswa siswinya, diantarnya dengan pemberian pembekalan kedisiplinan dengan memantapkan pemahaman Peraturan Baris –Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan (Wasbang) sehingga mampu memotivasi siswa dalam menempuh pendidikannya.

Hal tersebut terlihat saat berbagai sekolah melayangkan surat permohonan tenaga instruktur PBB maupun Wasbang  baik dari Kodim 0824 maupun Koramil jajarannya.

Terkait hal tersebut saat kami wawancara khusus  dengan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP  pada 02/08/2016 Pukul 08.00 Wib di ruang kerjanya yang membenarkan adanya hal seperti itu, menurutnya hingga saat ini anggotanya masih ada yang mengisi PBB maupun Wasbang di sekolah-sekolah.

Untuk Tahun Ajaran 2016 ini hampir semua sekolah utamanya SMP, SMA dan SMK baik yang diwilayah kota maupun wilayah kecamatan  mengajukan tenaga instruktur dari Kodim 0824 maupun Koramil Jajaran.”Imbuhnya.

Menyikapi hal tersebut Muhammad Nas sangat mendukung sekali, bahkan pemberian pembekalan tersebut sudah berjalan sejak dahulu sebagai program pembinaan teritorial khususnya dalam rangka program serbuan teritorial, tentunya kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut Muhammad Nas menegaskan untuk tahun ini memang dimanfaatkan khusus untuk pembekalan kepada siswa siswi baru, hal ini merupakan kesempatan bagi kami dalam rangka memberikan pembinaan kepada generasi muda akan pentingnya pola hidup disiplin pada masa-masa sekolah dan pemahaman wawasan kebangsaan sehingga siswa siswi sebagai generasi muda memahami situasi yang ada maupun hal-hal yang mengancam kedaulatan NKRI.

Pengaruh-pengaruh tehnologi utamanya banyak mewarnai kaum muda saat ini, tentunya hal tersebut hendaknya mampu dimanfaatkan secara positif sehingga tidak mengganggu kewajibannya sebagai pelajar, hindari pengaruh pergaulan modern yang banyak mengarah pada minum-munuman keras dan penyalahgunaan narkoba.

Adik-adik yang saat ini duduk di bangku sekolah tersebut adalah calon-calon pemimpin dan generasi penerus bangsa, ditangan merekalah nantinya kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan demikian saya berharap hendaknya apa yang dilakukan saat ini oleh generasi muda benar-benar positif, dengan berlaku disiplin, tertib, beretika, belajar lebih giat untuk masa depannya maupun masa depan NKRI.  (sis24)

Berita Terkait

Baca Juga

Comment