by

Pentingnya Sebuah Ideologi Sebagai Peta Dan Pemandu Kehidupan 

-Opini-23 views

 

 

Oleh: Widya Amata*

RADARINDONESIANEWS.COM,  JAKARTA — Berbicara tentang sebuah ideologi, maka kita akan diajak menjelajah tentang sebuah prinsip kehidupan yang paling mendasar dan mampu menjadi pijakan dalam upaya menyelesaikan seluruh masalah kehidupan.

Ideologi ibarat pohon kehidupan dengan bibit yang jelas dan kemudian tumbuh menjadi pohon yang kokoh dan sempurna dengan akar, batang, dahan, ranting, daun dan buah.

Ideologi juga bisa diumpamakan seperti sebuah bangunan.

Agar sebuah bangunan berdiri kokoh maka perlu bagi yang membangunnya untuk mengetahui kualitas tanah yang menjadi landasan tempat dibangunnya bangunan tersebut.

Agar sebuah bangunan dapat dibangun sesuai dengan tujuan yang membuatnya maka harus dibangun terlebih dahulu pondasi yang sesuai dengan tujuan tersebut. Mulai dari design bangunannya secara menyeluruh, besar masing-masing pondasi ruangan yang ingin dibuat, berapa tingkat yang akan dibangun, dan bahan-bahan apa saja yang akan digunakan.

Pondasi akan sangat menentukan kualitas dan bentuk dari bangunan tersebut.

Ideologi juga bisa diumpamakan sebagai sebuah peta kehidupan yang akan memandu siapa yang menggunakannya sebagai petunjuk untuk menentukan kemana arah kehidupan seseorang akan dijalani.

Ideologi adalah sebuah sistem yang mampu menggiring baik orang-orang yang mengemban maupun mereka yang tertuntun dengannya agar berjalan sesuai dengan alur sistem yang ditetapkan oleh sebuah ideologi (baik disadari ataupun tidak disadari).

Seseorang yang tidak memahami dan mengemban ideologi dalam kehidupan maka dia akan menapaki hidup penuh kebingungan dan keragu-raguan. Dia berjalan lunglai tanpa arah yang jelas dan senantiasa dipengaruhi pandangan orang lain, tidak mandiri dalam keputusan, dan mudah berputus asa menapaki hidupnya.

Bagaimana mungkin manusia seperti ini akan sukses?  Manusia seperti ini bekerja sesuai arahan dari pengemban ideologi yang menguasainya dan kondisi diri yang tetap terombang ambing dalam keragu-raguan.

Oleh karena itu, jika seseorang Ingin sukses dalam hidupnya dia harus tahu persis di mana area kesuksesannya sedang dibangun. Ia harus tahu peta ideologi apa yang menguasai diri dan orang-orang di sekitarnya.

Jika kita ingin sukses besar dalam kehidupan dengan kesuksesan yang sesungguhnya,  maka kita harus mengemban ideologi yang tepat dan benar dalam kehidupan ini.

Benar atau tidaknya sebuah ideologi, ditentukan oleh akidah atau landasan pemikiran mendasar ideologi tersebut. Jika akidah ideologi yang diemban itu benar maka kesuksesan hidup akan diperoleh namun, jika akidah dari ideologi yang diemban itu salah, maka kesuksesan yang didapat hanya fatamorgana dan semu.

Oleh karena itu kita perlu meneliti dan mengkaji terlebih dahulu, akidah dari ideologi yang kita emban dalam kehidupan.

Kita perlu meneliti dengan penelitian dan pengkajian yang mendalam bahkan cemerlang, manakah ideologi yang benar untuk kemudian kita jadikan sebagai landasan terhadap pandangan-pandangan kita dan sebagai landasan untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam upaya meraih kesuksesan besar yang sebenarnya.

Ciri sesuatu itu benar ada tiga. Pertama,  dibangun atas rasionalitas. Kedua, sesuai dengan fitrah manusia dan ketiga, menentramkan jiwa sebagai efek dari rasionalitas dan kesesuaian dengan fitrah manusia.[]

*Trainer, Life Coach & Business Owner

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − two =

Rekomendasi Berita