by

Presiden Targetkan Sejumlah Pembangunan Infrastruktur di Kepulauan Nias Rampung Tahun 2023

-Daerah-11 views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly lakukan kunjungan kerja di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (6/7).

Kedatangan Presiden Jokowi disambut Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua, Danrem 023/Kawal Samudera Kolonel Inf Lukman Arief, dan Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan.

Tampak juga menyambut di depan pintu ketibaan bandara yakni Bupati Nias Ya’atulo Gulo dan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha.

Setelah itu, Presiden Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Nias Utara.

Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Indonesia meninjau infrastruktur yang ada di Kepulauan Nias, terutama jalan dan jembatan.

Salah satu infrastruktur jalan yang ditinjau adalah peningkatan struktur ruas jalan Laehuwa – Ombolata – Tumula – Faekhuna’a sepanjang 16 km dengan anggaran Rp32,36 miliar. Hanya saja, 65% (sekitar 171 Km) dari total panjang jalan di Kepulauan Nias (263,140 Km) dalam kategori rusak.

Pemprov Sumut sendiri menganggarkan Rp. 291,85 miliar untuk perbaikan jalan sekitar 55,8 Km di Kepulauan Nias. Perbaikan ini masuk ke dalam program pembangunan jalan dan jembatan Pemprov Sumut 2022-2024 sepanjang 450 Km dengan skema multi years.

Terdapat tujuh ruas jalan nasional di Kepulauan Nias dengan panjang 165,75 Km sedangkan jalan provinsi 16 ruas dengan panjang 263,14 Km.

Joko Widodo menargetkan proyek peningkatan struktur jalan Laehuwa – Ombolata – Tumula – Faekhuna’a rampung tahun depan. Sedangkan untuk poros jalan provinsi dan kabupaten/kota Jokowi minta gubernur dan bupati/walikota segera menanganinya.

Usai meninjau pembangunan jalan, Presiden beserta rombongan berkunjung ke pasar Alasa untuk memantau harga bahan pangan. Selain memantau harga, Jokowi dan Edy Rahmayadi juga membagikan bantuan sosial kepada para pedagang dan masyarakat sekitar. Dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Nias Barat menggunakan helikopter.

Reporter : Albert

Comment