by

Resmi Dapatkan Sertifikat Tanah, Berikut Harapan Bupati Nias

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Sebanyak 3.074 sertifikat tanah diserahkan Bupati Nias Ya’atulo Gulo kepada warga Kabupaten Nias dengan rincian PTSL sebanyak 1.942 sertifikat, sertifikat restribusi tanah sebanyak 1.000 sertifikat, lintas sektoral sebanyak 49 sertifikat, dan sertifikat aset Pemerintah Kabupaten Nias sebanyak 83 sertifikat.

Penerbitan sertifikat tanah tersebut atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Nias dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Nias.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Nias telah menetapkan regulasi yang mengatur bahwa untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) tidak dikenakan biaya atau Nol Rupiah.

Menurut Bupati Nias masyarakat sangat membutuhkan kepastian hukum atas tanahnya masing – masing.

“Dalam upaya memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah, maka pemerintah melakukan program strategis nasional, percepatan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Indonesia. Sejalan dengan ini, Pemerintah Kabupaten Nias bekerjasama dengan Badan Pertanahan Kabupaten Nias untuk menyelenggarakan program redistribusi tanah, pendaftaran tanah sistematis lengkap dan lintas sektoral,” ucap Bupati Nias.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Nias itu mengucapkan terimakasih kepada Kepala Pertanahan Kabupaten Nias.

“Kami ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Pertanahan Kabupaten Nias dan seluruh jajaran, atas kerja keras, kinerja dan kerjasama yang baik, sehingga penerbitan sertifikat kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar, bahkan diatas target. Dengan terbitnya sertifikat ini, sudah cukup membantu, terutama bagi yang menyelenggarakan usaha karena sertifikat tanah dapat memudahkan untuk mengakses permodalan dari perbankan, tentu harus menghitung nilai kemanfaatan,” tutur Bupati.

Di akhir penyampaiannya Bupati mengatakan jika progam ini akan dilanjutkan pada tahun 2022, kita dialokasikan 8.500 bidang untuk semua jenis program.

“Melalui kesempatan ini, saya perintahkan Camat, Kepala Desa dan seluruh perangkat daerah terkait untuk bekerja keras mensukseskan program ini bagi rakyat kita, dan saya akan monitor agar ini bisa tercapai. Lebih baik lagi kalau selesai sebelum akhir tahun. Kami berharap kepada seluruh masyarakat penerima, mendukung dan proaktif untuk mengurus sertifikat tanah ini, dan segala konflik di desa, saya perintahkan Kepala Desa untuk segera diselesaikan, supaya program ini dapat berjalan dengan mulus dan kita dapat mencapai target,” harap Bupati Nias.[]

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita