by

Ridwan Kamil, Kelewat Dermawan

Ridwan Kamil, walikota Bandung.[dok/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, BANDUNG – Walikota Bandung, Ridwan Kamil, ternyata sosok yang begitu dermawan. Terbukti dengan berbagai macam program yang dibuatnya, menunjukkan rasa kepedulian teramat tinggi. Sampai-sampai warganya yang jomblo sekalipun ia perhatikan, yaitu dengan dibuatnya taman jomblo.

Bukan hanya para jomblo di Kota Bandung ternyata yang turut diperhatikan Ridwan Kamil. Partai politik (Parpol) di kota kembang tersebut ternyata ikut menikmati sifat dermawan walikota ini.

Namun demikian, kesan kelewat dermawan dan kebaikan Ridwan Kamil ini harus dibayar dengan anggaran Kota Bandung yang jumlahnya tidak sedikit.

Selama tahun 2015 Ridwan Kamil menyumbangkan uang kepada 9 Parpol sebanyak Rp. 900.741.220. Tentunya uang tersebut bukan dari kantong pribadi Ridwan Kamil, melainkan dari APBD.

Adapun partai yang paling besar menerima sumbangan dari APBD Kota Bandung adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai ini memperoleh kucuran uang sebesar Rp. 230.662.070. Sedangkan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebesar Rp. 153.150.690, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar Rp. 114.380.805, dan Partai Golongan Karya (Golkar) sebesar Rp. 110.128.985.

Sisanya, yaitu Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), masing-masing menerima sumbangan di bawah Rp 100 juta. Kalau sudah begini, Ridwan Kamil memang kelewat dermawan.[selanjutnya]

Comment