by

Seribu Lansia Peringati Hari Lansia Nasional Ke-22

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak lebih dari 1000 orang lanjut usia (Lansia) menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-22 di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung Jakarta Timur, Rabu (10/5). Peringatan HLUN ini diselenggarakan oleh Dinsos DKI bekerjasama dengan Pusat Santunan Keluarga atau Pusaka, Forum Komunikasi Lanjut Usia atau FKLU dan Panti Sosial Tresna Werda atau PSTW.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Masrokhan memberikan apresiasi kepada Lembaga Sosial Lanjut Usia Provinsi DKI Jakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan Gebyar HLUN Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017. Kegiatan ini dapat dilaksanakan meskipun tanpa difasilitasi oleh Pemerintah Daerah secara menyeluruh.

Dalam sambutannya, Masrokhan mengatakan lanjut usia berhak diberikan kebahagiaan dengan berkumpul bersama komunitasnya dimana hak-hak mereka masih dihargai sehingga angka harapan hidup mereka semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan amanat Undang- Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia dan Peraturan Gubernur Nomor 210 Tahun 2010 tentang Komisi Daerah Lanjut Usia.

“Dengan kepedulian Lembaga Sosial Lanjut Usia Provinsi DKI Jakarta untuk mensejahterakan lanjut usia, ini menunjukkan bahwa masyarakat Jakarta masih memiliki nilai-nilai menghormati dan memuliakan orang tua,” jelas Masrokhan.

Perlindungan terhadap lanjut usia dilakukan dengan upaya peningkatan kesejahteraan sosial untuk memberikan kesempatan kepada para lanjut usia dalam megaktualisasikan diri dan kemampuannya diberbagai aspek kehidupan. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif lansia.

“Menjadikan lanjut usia sejahtera lahir dan batin bukan hanya tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah saja melainkan tanggung jawab institusi masyarakat temasuk organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha dan kita semua” lanjut Masrokhan.

Dalam peringatan HLUN kali ini, pihak CSR memberikan 1000 paket sembako bagi para lanjut usia, pemberian kacamata baca dan vitamin untuk 500 lansia, serta pemberian 20 kursi roda dari Kemensos RI.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 8 =

Rekomendasi Berita