by

Sri Ariyati: Penghalang Dakwah Pasti Kalah

Sri Ariyati
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Dakwah itu ibarat darah dalam tubuh manusia. Dia harus terus mengalir dan melaju tidak boleh berhenti walau seketika. Mengalirnya darah menjadi tanda kehidupan, berhentinya darah berarti tanda kematian.
Begitulah kesktian jalan dakwah,  tidak pernah berhenti walau seketika. Karena dakwah manusia menjadi paham dan mengenal siapa Tuhannya. Melalui dakwah pula manusia dapat menjalankan syari’atNya.  Dengan dakwah, manusia mampu membedakan yang haq dan yang batil dan mereka yang tersesat bisa kembali ke jalanNya. Jalan dakwah pulalah masyarakat jahiliyah bisa menjadi masyarakat Islam.
Dakwah adalah perintah Allah
Dakwah adalah perintah Allah bukan perintah manusia. Dakwah mengikuti rasulullah bukan mengikuti penguasa. Dakwah Nabipun mengalami ujian berat dan pertentangan. Nabi Ibrahim dihadapkan dakwahnya dengan Raja  Namrud, Nabi Musa yang harus berhadapan dengan kejamnya Raja Fir’aun, dan Nabi Muhammad SAW yang dakwahnya dihadapkan dengan kaum kafir Quraisy.
Pertentangan dan permusuhan dalam dakwah adalah sunnatullah. Namun Allah telah siapkan kemenangan dakwah sebagaimana ia memenangkan dakwahnya Nabi dan Rasul yang mulia. Terbukti berbagai rezim dzalim selalu tumbang dan dikalahkan dakwah.
Rezim Namrud tumbang sementara dakwah Ibrahim terus melaju. Rezim Fir’aun binasa sementara dakwah Musa terus berkembang. Begitupun dahwah Nabi Muhammad SAW diuji dengan  kekejian kafir Quraisy namun akhirnya dakwah terus berlanjut hingga terkenal dan dikenali isi bumi, sehingga Islam menjadi rahmat bagi sekalian alam dan akhirnya dakwah berhasil menyeru kebaikan ke 2/3 dunia.
Dakwah memang berat, namun ada kemuliaan di sisiNya. Sesiapa yang mencoba menjadi penghalang dakwah pasti akan binasa. Cukup sudah kita belajar dari api sejarah yang menyala. Apakah ingin menjadi penolong atau menjadi penghalang sinar dakwah? Penghalang dakwah pasti kalah.[]
Penulis adalah mahasiswi, UIN Imam Bonjol, Padang, Fakultas syariah, semester VIII

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 10 =

Rekomendasi Berita