Tingkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di SDN Kadu Sewu Rumpin, Mahasiswa KKM IUQI Bogor  Gelar Seminar Penguatan Management Kelas

Bogor, Daerah182 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR — Kelompok 19 Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor, menyelengarakan seminar Penguatan Management Kelas di SDN Kadu Sewu Rumpin-Bogor, Selasa (29/8/2023).

Seminar Penguatan Management Kelas ini bertujuan agar tercipta kesinambungan dan keselarasan antara guru dan siswa di dalam kelas mengenai target pencapaian yang harus dicapai atau terpenuhi.

Dalam paparannya, Agus Ali, M.Pd., sebagai pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa untuk meningkatkan efektifitas proses belajar dan mengajar perlu pengelolaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi, contohnya dengan menggunakan pendekatan pluralistik.

“Selain itu, Guru harus memperhatikan unsur-unsur pengelolaan kelas, seperti: upaya preventif, referensif/tegas, dan modifikasi tingkah laku. Sehingga para siswa dapat meraih prestasi yang murni.” Jelasnya.

Sementara, Dwi Nanda salah seorang  mahasiswa KKM kelompok 19, berharap kegiatan seminar ini, dapat meningkatkan penguatan implementasi management di dalam kelas.

“Setiap anak di kelas dapat belajar dengan tertib sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Juga dapat bersinergi dengan guru untuk mencapai target yang telah ditentukan dan dapat meraih prestasi sesuai dengan minat dan bakat siswa.” Ujarnya.

Seminar Management Kelas ini adalah event puncak program kerja unggulan kelompok, dengan mengusung tema “Penguatan Management Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar.”

Kegiatan ini diikuti oleh guru SDN Kadu Sewu dan seluruh Mahasiswa KKM IUQI Bogor, dengan jumlah peserta 22 orang. Kegiatan ini pun mendapat sambutan baik dari semua pihak yang terkait di SDN Kadu Sewu dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kemajuan sekolah  dan dalam menentukan metode serta media belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.[]

Comment