by

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Koperasi, Pemkab Nias Selenggarakan Pelatihan

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan menggelar pelatihan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM koperasi dan nonfisik PK2UMK, Senin (13/06).

Kegiatan yang berlangsung di Nusa Lima Beach tersebut dibuka dengan penyampaian laporan Kabid Koperasi dan UKM selaku Ketua Tim Pelaksana, Elisari Hulu mengungkapkan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Adapun tujuan kita menggelar kegiatan ini yakni untuk memberikan arahan pelaksanaan administrasi koperasi yang sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkap Elisari.

“Dengan harapan peserta pelatihan dapat mengerti dan mekanisme administrasi pembukuan koperasi yang benar sesuai dengan aturan serta dapat menyusun tata cara penyusunan laporan koperasi berdasarkan akuntansi koperasi,” tambahnya.

Ia menjelaskan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (13 sampai 15 Juni) tersebut turut menghadirkan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias Firmina Amina Halawa, serta mantan Kepala UPTD Pelatihan Koperasi dan UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Parluhutan Dalimunthe sebagai narasumber.

Masih di kegiatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Firmina Amina Halawa mengungkapkan alasan pihaknya menyelenggarakan kegiatan pelatihan.

“Kurang berkembangnya usaha koperasi diakibatkan minimnya pengetahuan tentang akuntansi koperasi dan ketidaktahuan tupoksi masing-masing baik itu juru buku, kasir dan anggota koperasi itu sendiri, mengakibatkan sistem pencatatan yang sistematis yang mencerminkan pengelolaan koperasi yang transparan dan bertanggungjawab sesuai dengan nilai, norma dan prinsip koperasi tidak berjalan dengan baik,” ucap Firmina.

Diakhir penyampaiannya, ia berpesan kepada para peserta pelatihan untuk memanfaatkan pelatihan dengan baik.

Untuk diketahui, pelatihan tersebut diikuti 25 peserta.

Reporter : Albert

Comment