Ginanjar: Perlu Pembekalan Dasar Untuk Tingkatkan Kualitas Wartawan

Berita412 Views
Foto/op
RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR  – Minimnya pengetahuan jurnalistik dan intelektual jurnalis di tingkat Kabupaten bukan sesuatu kabar miring. Faktanya memang demikian. Hal itu dikatakan Pimpinan Redaksi media online swaradesa.com, Ginanjar, SH saat menggelar konferensi pers di hotel Ori Cibinong Bogor, Senin (8/4/2019).
“Penafsiran kualitas wartawan di tingkat Kabupaten perlu adanya langkah-langkah pembengkalan dan pelatihan dasar, itu sangat perlu. “Kata mas Gin, sapaan Ginanjar.
Menurutmu, konseptual berpikir dan menerima informasi dan dibungkus ke dalam sebuah tulisan jurnalistik tidaklah mudah. Untuk itu, keutamaan basic yang meliputi 5W+1H perlu diperhatikan.
Gin juga menjabarkan peran pers dalam membangun instrumen dan gaya bahasa penulisan dalam kajian jurnalistik tidak lepas dari Kode Etik Jurnalis (KEJ).
“Teman-teman terkadang melewati itu, dan terkesan mengarah pada object kesalahan, bukan pada subject permasalahan dalam menulis berita. “Ucapnya.
Ia berharap perekrutan wartawan di setiap Kabupaten tidak meninggalkan kaidah-kaidah jurnalistik sebagai karakter jurnalis yang mengedepankan intelektual human. 
Sebagai media baru, Mas Gin berharap Swaradesa.com dapat menjalankan amanah pers Indonesia yang Independen, “yaaa kita berharap itu, minimalnya dapat menjadi solusi para aparatur desa dalam membangun kemandirian. “Ulas Gin.
Gin juga menginformasikan bahwa Swaradesa.com akan menggelar pembekalan dan pemantapan intelektual human dengan sudut pandang wartawan yang berpotensi pada 11 April 2019 ini.[]

Berita Terkait

Baca Juga

Comment