by

Masjid Biru Dan Ornamen Bangunan Yang Unik Di Malang

-Berita-66 views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Bagi Anda yang suka melakukan travelling, khususnya wisata religi Di Malang, Jawa Timur, jangan Sia siakan kesempatan mengunjungi Masjid Tiban yang populer dengan sebutan Masjid Biru di daerah Turen.

Mengapa? Ada cerita unik dan menarik di balik pembangunan Masjid tersebut. Penasaran?

Konon menurut cerita yang beredar, Masjid Biru ini dibangun tanpa arahan seorang ahli alias arsitek.

Berikut dijelaskan beberapa fakta unik dan menarik tentang Masjid Biru yang ramai menjadi tempat wisata religi masyarakat Indonesia.

Masjid Tiban yang mashur  dengan sebutan Masjid Biru ini terletak di Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Letaknya di pemukiman warga Dan bukan di lokasi yang khusus disiapkan sebagai landmark sebuah kota. Ajib bukan?

Menururt kata orang, Masjid ini didirikan dalam waktu semalam saja karena dibantu oleh makhluk supranatural, yaitu para jin. Tapi itu hanya isu belaka. Faktanya tidak demikian.

Masjid Biru ternyata dibangun oleh para santri pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang lokasinya masih dalam satu kawasan dengan Masjid Tiban Turen.

Masjid Biru berdiri Megah di daerah pemukiman penduduk dengan gaya arsitektur dan kombinasi ornamen Turki, India, Russia hingga Mesir. Dengan konsep campuran ini Masjid Biru tampil.megah dengan nilainseni yang tinggi.

Selain megah dengan ornamen campuran itu, Ada hal lain yang tentunya menarik pengunjung. Ternyata Masjid Biru memiliki 10 lantai. Luar biasa. Untuk apa saja lantai lantai Masjid yang dibangun pada tahun 1978 itu difungsikan?

Lantai 1 dalam bangunan Masjid Biru itu digunakan sebagai tempat beristirahat plus mushalla. Lantai 2 sebagai loket, ruang istirahat, ruang makan dan dapur. Lantai 3 terdapat mushalla, aquarium dan kebun binatang mini.

Lantai 4 difungsikan sebagai tempat beristirahat para keluarga pengurus atau pengasuh pondok. Lantai 5 juga terdapat musala, lantai 6 difungsikan sebagai  ruang istirahat para santri, lantai 7 dan 8 berisi toko dan kios-kios milik pesantren yang dikelola oleh para santri, lantai 9 merupakan bangunan yang didesain sebagai lereng gunung, dan lantai 10 adalah gua dan juga puncak gunung.

Masjid Tiban atau Masjid Biru menjadi kebanggaan warga Malang. Karena keunikannya, wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini.

Mau kunjung ke Masjid Tiban atau Masjid Biru? Ayo. Gratis kok, tidak dipungut biaya.[]

 

Comment

Rekomendasi Berita