by

Pemkab Nias Gelar Upacara Hardiknas Di Lapangan Beringin Hiliweto Gido

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias laksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017, dihadiri Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres Nias, Kadis Pendidikan dan sejumlah Pimpinan SKPD lainnya, Para Camat, Kepala UPT Disdik, Guru serta sejumlah ASN lingkup Pemkab Nias, dan Para Pelajar yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Hiliweto Gido, Selasa (02/05).

Bupati Nias yang membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, mengajak segenap peserta upacara, untuk bersyukur tiada berhingga kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan karunia-Nya semata, kita telah diberi kesempatan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2017, dengan Tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”.

Dari Tema tersebut, erat kaitannya dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas tinggi. Maka untuk itu, marilah kita resapi dan renungi serta diwujudkan secara bersama-sama, karena dengan begitu, maka seluruh lapisan masyarakat dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas karena dengan demikian, maka ikhtiar mencerdaskan bangsa sebagaimana diamanatkan UUD 1945, dapat terwujud.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional didasarkan atas hari lahirnya Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 2 Mei 1889 yang disepakati bersama sebagai Bapak Pendidikan Nasional, karena dengan gagasan beliau, pemikiran, maupun terawang masa depan, yang hingga saat ini masih relevan serta menjadi acuan bagi pendidikan nasional Indonesia.

Berawal dari gagasan pemikiran dan prinsip-prinsip Ki Hadjar Dewantara, Presiden RI, Joko Widodo menjadikannya sebagai acuan dasar dalam visinya, khususnya di bidang pendidikan bahwa, “masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini, yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang ketrampilan hidup, vokasi dan profesi abad 21”.

Dalam rangka mewujudkan visi Presiden tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ri bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tatanan konseptual maupun manajerial. Yang artinya dalam tatanan konseptual, diupayakan agar karakter kembali menjadi fundasi dan ruh pendidikan nasional dengan harapan, pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar (Basic Education).

Sedangkan pada jenjang pendidikan lebih lanjut, harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin. Karena dengan demikian, memungkinkan peserta didik membekali dirinya dengan ketrampilan dan keahlian yang berdaya saing tinggi, yang dibutuhkan pada abad 21.

Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain, menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat. Untuk itu dalam reformasi pendidikan nasional ini, kerja keras yang kontruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia, amat diharapkan.

Pada pelaksanaan HUT Hardiknas tersebut, Bupati Nias menyerahkan berupa tropi dan piagam kepada juara lomba Olimpiade Sains tingkat SD dan SMP/MTs se-Kabupaten Nias, yang dilaksanakan baru-baru ini. Berikut nama siswa, asal sekolah, kecamatan dan nilai serta peringkat pada olimpiade sains tesebut :

Tingkat SD :

Untuk mata pelajaran IPA, Rolan Hristo Muliaman Zandroto siswa, SDN No. 071078 Hiliweto Gido dengan nilai 31, keluar sebagai peringkat I, dan Nice Lestari Ndraha siswi SDN No. 075045 Somi Kecamatan Gido, nilai 25 berhasil keluar sebagai peringkat II dan Noverius Mendrofa siswa SDN No. 071001 Fadoro Tanoseo Kecamatan Hiliduho dengan nilai 22 sebagai peringkat III.

Sedangkan untuk mata peajaran Matematika, Mestano Waruwu siswa SDN No. 076060 Ombolata Sinuwe Kecamatan Hiliduho dengan nilai 36 berhasil keluar sebagi peringkat I, dan Susi Supi Yanti Hura dari SDN No. 071045 Sisobahili Kecamatan Idanogawo dengan nilai 34 keluar sebagi peringkat II serta Safarius Halawa siswa SDN No. 071057 Hiliweto Gido, keluar sebagi peringkat III.

Sementara itu, Olimpiade Sains tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Nias tahun 2017, untuk mata pelajaran Matematika, Soli Aldi Ansyah Laoli siswa SMP Negeri 2 Hiliduho mendapatkan nilai 55 berhasil keluar sebagai peringkat I, dan Berman Mendrofa Siswa SMPN 4 Hiliserangkai dengan nilai 50 keluar sebagai peringkat II, sedangkan Lince Susanti Ndraha Siswi SMPN 4 Gido dengan nilai 45, keluar sebagai peringkat III.

Selanjutnya untuk mata pelajaran IPA, Jonathan Aldo Manalu Siswa SMPN I Gido dengan nilai 60, meraih peringkat I dan Otima Zebua dari SMPN 4 Ulugawo mendapat nilai 50, keluar sebagai peringkat II, sementara Rizen charisman Greace Hura SMPS BNKP Idanogawo dengan nilai 40 menduduki peringkat III.

Pada mata pelajaran IPS, Clara Merfin Gulo Siswi SMPN 2 Sogaeadu meraih niali 60, keluar sebagai peringkat I, dan Febby Falentine Halawa, Siswi SMPN 1 Gido, mendapatkan nilai 55, berada pada peringkat II dan Tedi Sahputra Waruwu Siswa SMPN 5 Botomuzoi dengan nilai 40 harus puas pada peringkat III. (Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita