by

Rina Tresna Sari, Spd*: Peran Penting Sirah Nabi Membentuk Generasi

Rina Tresna Sari, Spd
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Menjadi orang tua dari Generasi Alfa atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar ini bukan hal yang mudah. Pasalnya mereka sangatlah dekat dengan teknologi,Orang tua tentunya harus memberikan bekal sejak dini pada generasi ini untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Bagaimana tidak, sejak lahir mereka sudah hidup di dunia dengan perkembangan teknologi yang pesat. Gadget sudah menjadi bagian dari hidup mereka sepenuhnya. Mereka tumbuh dengan iPad di tangan, tidak bisa hidup tanpa smartphone, dan mampu mengoperasikan gadget hanya dengan mengenali tombol-tombolnya. Perubahan teknologi yang masif ini membuat anak Generasi Alfa sebagai generasi paling transformatif.
Karena itu Kemajuan teknologi yang pesat ini bila tanpa kontrol ke depannya akan memengaruhi mereka, mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari di sekolah, sampai dengan pergaulan mereka sehari-hari. Ruang dan waktu tidak lagi menjadi batasan, jarak semakin tidak berarti, pergaulan tidak lagi ditentukan dari faktor lokasi. Tidak heran, dari semua yang mereka dapatkan membuat Generasi Alfa ini menjadi lebih cerdas dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.
Untuk membentuk generasi alfa yang solih sesuai harapan semua orang tua, tentulah kemajuan teknologi yang ada di zaman ini, harus diimbangi dengan pemberian dasar aqidah yang kuat pada anak, agar mereka tidak salah dalam menggunakan kecangihan teknologi tersebut, begitupun sangat penting untuk memberi pemahaman anak-anak terhadap kepribadian Rasulullah saw dan para sahabat, bagaimana perjalanan hidup mereka. Karena Rasulullah adalah uswah hasanah yang wajib di teladani (Qs 33 : 21) 
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا Arab-Latin: Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā Terjemah Arti: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
Didalam sirah Rasul Saw anak dapat mengetahui syarat dan hukum syariah yang wajib diamalkan,begitupun dengan sirah para sahabat ra,mereka adalah generasi terbaik, membela islam, melindungi rasulullah saw, sehingga Allah ridha terhadap mereka. (Qs 7:74) dengan mengajarkan sirah Nabi saw, dapat diketahui risallah islam yang di bawa oleh beliau untuk umat manusia, mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya, dengan sirah nabi pula dapat diketahui kehidupan beliau sejak dilahirkan, pertumbuhan hingga beliau dewasa, saat menerima wahyu dan dakwahnya kepada manusia dan ajakannya pada agama islam. Termasuk konsekwensi yang beliau hadapi dalam menyebarkan islam. 
Bagi orang tua dan para pendidik generasi penting untum dicatat bahwa mengajarkan sirah Nabi Saw, secara tasyri’i harus diambil sebagai manhaj yang harus ditempuh oleh beliau. anak harus dipahamkan bahwa inti dari pengutusan Rasulullah saw adalah untuk tegaknya islam dimuka bumi. Dipundak generasi alfa saat ini ada kewajiban untuk mewujudkan islam kembali dalam realitas kehidupan. 
Terdapat tiga point penting yang harus diajarkan:
1) visi misi kerasulan Muhammad saw
Penjelasan visi dan misi kerasullan Muhammad sangatlah penting dan hal pertama yang harus ditanamkan, banyak nash yang menggambarkan visi dan misi ini, diantaranya surat al jumu’ah :2, begitupun penting untuk dijelaskan kepada anak bahwa generasi saat ini mempunyai kewajiban untuk melanjutkan visi dan misi tersebut,bahwa tegaknya islam adalah persoalan utama umat ini sekaligus menjadi kehormatannya.karenanya umat islam yang tidak menerapkan agamanya menjadi umat yang terpuruk dan hina.sehingga pada aspek ini harus terwujud pemahaman pada anak bahwa mereka adalah para pengemban dakwah penerus risalah yang memiliki kewajiban melakukan amar ma’ruf dan nahyi munkar.
2) Muhammad Saw sebagai pembawa Risalah Islam.
Memberi gambaran tentang sosok Rasulullah Muhammad Saw sebagai pembawa risalah,apa tugasnya dan apa saja yang telah beliau lakukan,haruslah jelas,utuh dan sempurna.orang tua harus mengajarkan seluruh materi islam mulai dari akidah,syariah,dan metode penerapan syariah kepada anak,tentu dengan menyesuaikan dengan kemampuan berfikir mereka sesuai tingkatan usia dengan penyampaian dan cara-cara kreatif dalam memahamkan hal tersebut.
Prinsip pengajaran terhadap risalah adalah bahwa manusia wajib terikat dengan hukum syariah yang di bawa Rasul karena itu adalah perintah dari Allah Swt,tentu dengan beberapa prinsip yang harus di pahamkan diantaranya: syariah islam bersifat sempurna dan menyeluruh,setiap manusia harus bersegera dalam menunaikan setiap perintah Allah,senantiasa ikhlas karena Allah ketika beramal,dan memahamkan hukum syariah ketika dilaksanakan akan mendatangkan kebaikan pada kehidupan,juga pemahaman bahwa hukum syariah tidak hanya untuk dipelajari dan diamalkan saja tetap harus didakwahkan dan diperjuangkan sehingga pada faktanya hukum syariah tidak mungkin diterapkan seutuhnya tanpa adanya negara yang melaksanakannya.
3) Berjuang untuk Islam
Yang tak kalah pentingnya adalah menggambarkan kepada anak-anak tentang keberanian Rasulullah saw dan para sahabatnya dalam peperangan untuk menegakan Islam.anak-anak harus disadarkan pentingnya berjuangan ini karena kelak mereka akan menjadi bagian dari barisan para pejuang islam.
Demikianlah beberapa perkara penting yang harus ditanamkan dan dipahamkan kepada anak generasi alfa sehingga walaupun mereka hidup di zaman serba modern namun tetap sangatlah penting mempelajari sirah Nabi dan tarikh islam,karena jiga mereka paham akan hal ini,maka generasi yang solih calon pemimpin dambaan umat tidak sulit didapat. Wallahu a’lam bish-shawab.[]
*Praktisi pendidikan, anggota AMK Bandung

Comment

Rekomendasi Berita