by

Sekda Nias Saksikan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Di TPS

Sekda Nias saksikan  simulasi pemungutan suara di halaman Kantor KPU Kabupaten Nias.[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Sekretaris Daerah Kabupaten Nias F. Yanus Larosa hadiri simulasi pemungutan dan perhitungan suara pada pemilihan umum serentak tahun 2019 yang berlangsung di halaman Kantor KPU Kabupaten Nias, Jalan Pancasila – Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Selasa (09/04).

Tampak pada simulasi tersebut penyelenggara pemilu tingkat Kabupaten hingga Kecamatan serta Tim Relawan Demokrasi di ikut sertakan untuk mengsukseskan kegiatan ini dengan berperan sebagai petugas KPPS, petugas pengawas TPS, dan petugas pemantau, petugas Linmas, bahkan berperan sebagai Saksi Partai Politik.

Jajaran KPU Kabupaten Nias, Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut berperan sebagai pemilih. Pelibatan sebagai pemilih disabilitas dan pemilih pemula diperankan oleh beberapa penyandang disabilitas dan pelajar SLTA.

“Kegiatan ini merupakan simulasi proses pemungutan suara di TPS. Kita buat simulasi yang benar – benar mirip dengan aslinya,” Ucap Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa.

Pada kesempatan itu, Firman juga membeberkan maksud dilaksanakannya simulasi. 

“Kita melibatkan jajaran penyelenggara di Kecamatan dan Desa, agar nantinya usai kegiatan ini mereka dapat meneruskan simulasi ini langsung kejajaran KPPS,” ucapnya. 

Secara teknis kegiatan simulasi ini berjalan lancar dengan dipandu langsung Komisioner KPU Kabupaten Nias, Iman Murni Telaumbanua, melalui paparan dan penjelasan terkait proses pemungutan suara.

Turut juga hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner KPU Kabupaten Nias (Elisati Zandroto, Sitori Mendrofa, Dedi Kurniaman Bate’e), Sekretaris KPU Kabupaten Nias Sudiman Telaumbanua, dan Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Nias. (Albert)

Comment

Rekomendasi Berita