by

Tanam 3000 Pohon, PT.Balakosa Bersama BPDASHL dan Bakoma, Ciptakan Bogor Green Serta Green Economy

 

RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR –Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, PT.Balakosa Nusantara Service bekerjasama dengan BPDASHL (Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung,red) Citarum Ciliwung dan Bakoma (Bantuan Komunikasi Masyarakat,red) Bogor secara bersama-sama menanam pohon, pada Sabtu (28/05/2022) yang berlokasi di Balakosa Mountain Adventure, Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Penanaman pohon sebanyak 3000 pohon tersebut sebagai bentuk kecintaan serta kepedulian terhadap lingkungan hidup, agar tetap terjaga melalui penghijauan.

Langkah menanam pohon yang dilakukan Balakosa ini pun mendapat dukungan dari warga kabupaten Bogor. Penanaman pohon ini dinilai sangat dibutuhkan di lokasi tersebut.

Selain menyambut Hari Lingkungan Hidup, perhelatan tersebut juga menyambut HUT Bakoma Bogor yang ke 8 tahun. Momentum tersebut menjadikan motivasi dari Balakosa untuk berkreasi dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan Bogor Green.

Melestarikan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, bagi Balakosa sendiri sudah menjadi salahsatu program untuk tetap konsisten menjaga serta kecintaanya kepada lingkungan terlebih dialam terbuka. Maka mereka menciptakan sebuah area Balakosa Mountain Adventure adalah wahana wisata untuk semua kalangan agar peduli dan cinta alam.

Penanaman 3000 pohon dengan berbagai macam jenis pohon sebagai titik awal Balakosa siap menciptakan Bogor Green hingga tercapai Green Ekonomi.

Sekilas PT. Balakosa Nusantara Service
PT. Balakosa Nusantara Service (BALAKOSA) merupakan perusahaan jasa pengmanan, telah memiliki pengalaman puluhan tahun menangangi masalah di berbagai sektor keamanan. Seperti menangani masalah keamanan di Perkantoran, Perumahan, Mall, Perkebunan, Hutan, dan lain-lain.

BALAKOSA ini didirikan atas dasar keinginan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada didalam industri security sehingga menjadi profesi yang diinginkan.

Dengan semakin kompetitifnya perusahaan jasa keamanan, BALAKOSA hadir dengan mengedepankan kualitas SDM yang dipadukan dengan teknologi untuk menciptakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik.

Mempunyai visi menjadi perusahan jasa pengamanan terbaik di Indonesia, BALAKOSA menyediakan personil yang terlatih serta memiliki kemampuan dalam bertugas. Memiliki personil yang selalu siap dalam memberikan pelayanan, membangun kemitraan yang baik dengan semua jajaran, melakukan perbaikan secara efektif dan berkesinambungan. Selain itu, membantu clien dalam menciptakan suasana kerja yang aman dan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut, Pina Ekalipta S.hut,mp, Kepala BPDASHL Citarum Ciliwung kepada awak media pada Sabtu (28/05/2022) mengatakan,”Kami dari BPDASHL Citarum Ciliwung yang mempunyai wilayah kerja dari Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat tapi sebagian di wilayah Indramayu. Tugas kami adalah UPT (Unit Pelaksana Teknis,red) Kementerian Lingkungan Hidup , Direktorat Jenderal PDAS LH (Penglandas Daerah Aliran Sungai dan Rehahilitasi Hutan),” terangnya.

Lebih lanjut Pina menjelaskan bahwa until pensnsmsn rehabilitasi baik di dalam maupun di luar kawasan hutan adalah tugas BPDASHL.

”Tugas kami adalah untuk penanaman rehabilitasi lahan baik di luar maupun di dalam kawasan hutan. Kantor kami di Taman Jasmin, Kabupaten Bogor. Dalam hal ini kami mengelola persemaian yang mana temen-temen bisa mengambil secara gratis asalkan menlengkapi koordinat lokasi, karena setiap bibit yang kami bagikan kepada masyarakat harus termonitor, karena akan dilaporkan ke Kantor Staf Presiden.

Dia menambahkan, upaya-upaya mengurangi rankritis, seperti saat ini juga temen-temen Bakoma membantu fasilitasi untuk menanam, dimana bibitnya kami sediakan.

Secara ekologi dia berharap bisa terbangun rehabilitasi lahannya, dan secara ekonominya juga temen-temen bisa memanfaatkan hasil kayunya serta hasil hutan non kayunya.

“Dengan demikian ekonomi hijau sesuai dengan arahan Bapak Presiden bisa terpenuhi. Seperti pesan beliau, saat berkunjung ke Rumpin pada November 2021 menciptakan Green Economi, secara ekologi temen-temen bisa menanam rehabilitasi lahan kritis yang tidak produktif menjadi produktif. Di situlah kita secara bersama-sama berkolaborasi baik LSM, Ormas maupun lembaga lain menangani lahan kritis yang tidak produktif menjadi produktif secara bersama-sama,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk edukasinya, sudah ada beberapa perguruan tinggi magang di Rumpin mulai dari persamaian, pembibitan hingga mengembangkan tanaman-tanaman yang baru.

“Mudah-mudahan kreativitas dan inisiatif Balakosa Mountain Adventure berjalan sesuai harapan hingga terciptanya alam Bogor Hijau dan kelestarian alam nya tetap terjaga,” harapnya.

Di tempat yang sama Hendra, Anggota Bakoma Bogor mengatakan, Bakoma ini adalah Bantuan Komunikasi Masyarakat, dan Bakoma ini berdiri pada tanggal 28 Mei 2014.

“Bakoma ini adalah Mitra Polresta Bogor Kota dan ada beberapa wilayah di karena anggota kita adalah juga mencakup wilayah Kabupaten, jadi ada juga kita bermitra polsek-polsek di wilayah kabupaten Bogor,” terangnya.

Menurut Hendra, kegiatan utama Bakoma adalah kegiatan sosial seperti contohnya sekarang ini yang dilaksanakan di Balakosa Mountain Adventure ini kita bekerjasama dengan BPDASHL melaksanakan kegiatan menanam 3000 pohon dan kegiatan lainnya seperti penyuluhan bahaya narkoba ke sekolah-sekolah, donor darah, santunan anak yatim dan lain-lainnya,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait penanaman 3.000 pohon ini kegiatan dalam rangka apa? Hendra menjawab,”

Hendra menjelaskan bahwa pensnsmsn 300 pohon ini adalah dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup melalui penghijauan.

“Dari pihak perhutani di Jakarta, kita sudah dishedulekan untuk 1 tahun ini dengan 2 kali penanaman pohon. Alhamdu lillah di sini kami didukung oleh Balakosa. Untuk kegiatan tahun ini di kecamatan Cijeruk,” tegasnya.

Lalu bagaimana mengenai kegiatanya harapannya seperti apa?

”Terkait kegiatan ini kita dapat menghijaukan lingkungan membantu program dari pemerintah ya dijalankan oleh pemerintah, Bakoma membantu dibantu oleh BPDASHL dan dari Perhutani, dan harapannya adalah mudah-mudahan apa yang kita kerjakan apa yang kita laksanakan ini mendapatkan hasil seperti bisa menghijaukan lingkungan. Karena kita tahu sendiri lingkungan kita ini sekarang banyak pohon-pohon yang sudah ditebang-tebang oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, makanya di sini kita membantu program pemerintah juga yaitu menanam bibit-bibit pohon,” imbuhnya.

Untuk hal ini 3.000 pohon yang ditanam jenis pohon apa aja?

”Ini rencana ya, tahap pertamanya jenis-jenis kayu-kayuan dan buah-buahan nah kita ini bekerjasama dengan Balakosa ini setiap kita melaksanakan suatu penanaman pohon kita selalu menanyakan kepada yang punya lokasi, komunikasi dulu dengan yang punya lokasi tanaman apa yang dibutuhkan oleh yang punya lokasi, beliau hanya butuh kayu-kayuan saja tidak perlu buah-buahan, kita Bakoma sama dengan pihak BPDASHL insyaallah bisa menyiapkan yang diminta yang punya lahan tersebut,” bebernya.

Bakoma ini bentuknya yayasan, ormas atau LSM?

”Oh iya, Bakoma ini sudah berbadan hukum, alhamdu lillah dan kita ini sudah berbentuk Ormas (organisasi masyarakat,red) tapi dalam naungan ataupun ada kita bekerjasama yaitu tadi dengan pihak Polresta Bogor Kota, jadi kalo dari pihak Polres Bogor kotanya kita melaksanakan kegiatannya seperti penge-paman, pengamanan malam tahun baru, malam natal kita diperbantukan Kamtibmas,” ucapnya.

Sebagai Ketua Umumnya siapa?

“Kebetulan ketua umumnya sekarang kan kemarin habis pemilihan jadi sudah alhamdulillah Ibu Rini Rosmilawati sebagai Ketua Umum sudah ke pilih 2 kali dipercayakan oleh anggota untuk menjabat sebagai ketua umum, dan bascamp/seketariat kita namanya di daerah Perumahan Curuk Indah, deket Atangsanjaya, Jalan Rajawalai No.7,” tuturnya.

Seandainya di luar sana ada yang semisal ingin bergabung dengan Bakoma, kira-kira ada ketentuan?

“Kita sebenarnya memang sama-sama, karena tidak mungkin suatu organisasi dapat berdiri sendiri. intinya, kita juga bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang punya misinya sama, seperti tadi juga kegiatan penanaman pohan di Balakosa ini kita bekerja sama dengan pihak RAPI Bogor Barat. Kita kebetulan juga bersinergi. Sebetulnya anggota kita anggota RAPI juga. Jadi banyak organisasi-organisasi. Kita tidak melarang satu anggota itu untuk ikut organisasi lain. Jadi kita bebas aja di acara hari ini. Alhamdulillah hari ini hadir tiap ketua wilayah RAPI Bogor Kota, Ketua Lokal 05 Bogor Barat, Bapak Kapolsek Cijeruk, Kepala Desa, Danramil beserta nyonya. Alhamdulillah berkat kerjasama dari Balakosa ini Muspida ataupun aparat terkait ini bisa hadir,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan Mayko, Direktur Utama PT.Balakosa Nusantara Service. Dia mengatakan, terkait program penanaman 3,000 pohon ini dirinya sangat apresiasi, karena ini sangat membantu untuk melestarikan lingkungan yang berada di area Gunung Salak, sehingga kelestarian lingkungan ini tetap terjaga.

Balakosa Mountain Adventure selalu menerima dengan terbuka untuk kegiatan positif bagi lingkungan, Kerjasama dalam melestarikan lingkungan hidup ini berkolaborasi dengan BPDASHL dan BAKOMA.

Ditambahkan Mayko,  Balakosa Mountain juga mengundang aparat kewilayahan baik dari Desa, Kecamatan, Koramil, Polsek untuk bersinergi menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap terjaga keasliannya. Balakosa berkontribusi dalam upaya menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan di area yang kurang lebih 4 hektar.

Lebih lanjut Mayko menjelaskan bahwa  pada intinya Balakosa support untuk kepentingan sosial dalam hal lingkungan.

“Jagalah lingkungan seperti aslinya agar kita bisa menikmati keindahan alam,” pesannya. (*Mai/Vidi)

Comment