by

Jalan Rusak, Warga Blokir Jalan Proyek Tonggor

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGKIDUL – Angkutan proyek kandang ayam di Dusun Tonggor, Desa Pacarku, Semanu, Gunungkidul setiap harinya mencapai ratusan truck dump yang melintasi Dusun Kangen Lor dan Kangen Kidul Desa Pacarejo, Semanu tidak hanya merusak jalan namun juga mengganggu kenyamanan warga setempat.

“Selama proyek ini berjalan tidak pernah disosialisasikan kepada warga sekitar yang ikut terkena dampak  proyek ini. Warga terpaksa menutup dan melarang kendaraan proyek yang masuk. Kami hanya menuntut jalan yang rusak segera diperbaiki belum lagi dampak polusi asap dan abu sangat mengganggu kesehatan warga” kata Subardi (41), kordinator aksi, Sabtu (8/4) .

Untuk mengkonfirmasi proyek Tonggor dan aksi pencegatan truck – truck proyek tersebut, Tim radarindonesianews.com menemui Lurah  Desa Pacarejo di kediamnya.

“Masyarakat sudah sangat kecewa sekali, akhir nya mereka melakukan aksi tersebut, saya sebagai lurah saja tidak pernah di kulonuwuni padahal jelas proyek ini ada di wilayah yang saya pimpin, saya juga tidak tahu itu investasi jenis apa? Tenaga kerjanya apakah melibatkan kan warga sekitar atau tidak, tentang izin – izin yang terkait proyek tersebut seperti apa saya juga tidak tahu, dan saya merasa kecolongan dengan ada nya proyek tonggor itu. Tapi saya menghimbau pada masyarakat agar semua masalah diselesaikan dengan kepala dingin dan mengedepan kan musyawarah dan tidak anarkis.” Ujar lurah.

Akibat kejadian tersebut, Komisi D DPRD Gunungkidul, Sugito, langsung mendatangi proyek pembangunan tersebut dan memperingatkan kepada Kades untuk menghentikan proyek tersebut lantaran belum memenuhi prosedur. Bahkan pihak Kepala Desa Pacarejo sendiri tidak mengetahui aktivitas proyek tersebut.

“Pokoknya proyek ini dihentikan dulu untuk sementara sebelum prosedurnya sesuai,” tegas Sugito. Sampai berita ini di keluarkan pihak dari perusahaan proyek di dusun tonggor belum bisa di konfirmasi.[Hadi]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =

Rekomendasi Berita