by

Bupati Nias Barat Tinjau Lokasi PDAM Di Sungai Lahomi

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd didampingi Kadis PU Eliyunus Waruwu, S.Pt., M.Si dan anggota DPRD Drs. Evolut Zebua, Kabid PSDA Antonius Gulo, S.Pd., MM, Camat Lahomi Sokhinaso Hia bersama Kades Sisobambowo tinjau lokasi persiapan Kantor PDAM Nias Barat serta Penampungan Air seluas 1 Ha yang bersebelahan dengan SD Negeri Sisobambowo Lahomi dekat persimpangan Sungai Goto, Jumat (21/04)

Pada peninjauan tersebut, Bupati Nias Barat mengatakan bahwa pembangunan sarana air minum merupakan kebutuhan prioritas yang secepatnya harus dilaksanakan. Dengan menginstruksikan kepada Kadis PU untuk menyikapi hal tersebut dalam bentuk perencanaan dalam waktu tiga hari dan selanjutnya ditindak lanjuti pembangunannya.

Sementara itu, Kadis PU Eliyunus Waruwu, menanggapi instruksi Bupati Nias Barat menyatakan kesiapannya dalam hal pembangunan Kantor dan bak penampungan PDAM tersebut. Menyinggung yang berkaitan dengan hibah tanah, diharapkan agar sesegera mungkin diskapi oleh Camat Lahomi dan Kades Sisobambowo. Sedangkan hal tentang debit air, Kadis PU meyakini bahwa debit air Sungai Lahomi, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya.

Di tempat yang sama anggota DPRD Nias Barat, Evolut Zebua mengatakan bahwa rencana pembangunan bak penampungan air tersebut, sebelumnya pernah dikaji, namun belum dapat dilaksanakan dan untuk perencanaan kali ini baru terealisasi dan diharapkan pada pelaksanaan pembangunannya pada posisi permukaan yang tinggi sehingga dapat dialiri dengan gravitasi tanpa kost yang terlalu besar.

 
Selanjutnya Kades Sisobambowo Ama Kevin Daeli, menawarkan kesiapan lahan yang dibutuhkan seluas 2 Ha yang peruntukkannya sebagai Kantor PDAM yang berlokasi di ujung desa sebelah timur, yang permukaan tanahnya datar dan berdekatan dengan lokasi pembangunan bak penampungan air, yang diharapankan melalui pendekatan persuasif kepada masyarakat pemilik lahan, maka akan dapat terselesaikan dengan baik sesuai apa yang diharapankan. (S.Gulo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

Rekomendasi Berita