Puji Yuli: Pentingnya Manajemen Bencana Alam Bagi Indonesia

Berita368 Views
Puji Yuli, Women Movement Institute
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Rintihan tangis pilu tampak  menghiasi negeri ini. Bumi pertiwi tengah menghadapi masalah pasca terjadinya bencana alam secara marathon.  Belum kering kerusakan  alam dan duka nestapa korban gempa bumi di Lombok.  Kini harus menghadapi masalah bencana alam gempa bumi, tsunami dan lumpur  di wilayah Palu dan donggala. Saatnya manusia  perlu berfikir, mengapa di bumi pertiwi  dilanda bencana alam secara beruntun? Seperti lirik lagu musisi ebiet G ade. 
Melalui bencana alam yang menimpa negeri ini,  Allah SWT ingin mengingatkan bahwa manusia itu lemah, terbatas dan membutuhkan bantuan Nya. Maka dari itu,  tidak sepantasnya manusia itu sombong dan berperilaku maksiat kepada Allah SWT dengan berbuat kerusakan pada alam semesta. Oleh karena itulah, kita perlu berfikir positif dengan kesadaran spiritual dalam menghadapi bencana alam. Hal ini dilakukan dengan membangkitkan energi ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. 
Sungguh, bencana gempa bumi di Lombok, Palu dan donggala ini meneteskan air mata kesedihan  bagi negeri ini. Para korban gempa  di Lombok, Palu dan donggala ini perlu uluran tangan bantuan dari pemerintah maupun rakyat negeri ini. Para korban gempa ini butuh bantuan berupa  obat obatan,  makanan,  air bersih  maupun bantuan psikologis  dari trauma peristiwa musibah bencana alam. Para korban  selamat  saat ini masih berlindung  di tenda pengungsian  dan masih diliputi rasa duka karena kehilangan harta benda maupun kehilangan sanak keluarga yang tewas dalam bencana gempa.
Kita harus peduli dan berempati terhadap kondisi pasca bencana alam di bumi pertiwi agar bisa bangkit menjalani kehidupan. Ingat hidup akan terus berjalan, oleh karena itu perlu adanya manajemen penanganan serius dari pemerintah dan masyarakat negeri ini. Utamanya manajemen terkait penanganan korban meninggal dan pengungsi maupun penanganan bantuan logistik  agar korban bencana alam bisa bangkit. Manajemen bencana alam ini perlu dilakukan oleh  pemerintah bersama dengan masyarakat untuk saling bersinergi bahu membahu dalam pemulihan kondisi pasca bencana. 
Manajemen bencana alam itu bisa dilakukan  secara bersinergi  untuk menanggani trauma korban, penggalangan bantuan maupun distribusi bantuan. Hal ini dilakukan  agar korban bencana alam bisa bangkit lagi untuk recovery dan bisa mendapatkan bantuan. Selain itu,  agar tidak terjadi penjarahan maupun penyelewengan atas logistik bantuan untuk korban bencana alam. 
Perlu adanya sinergi positif antara relawan, pengungsi,  masyarakat dengan komando negara. Dalam hal ini,  negara punya peranan penting untuk manajemen bencana alam. Karena negara itu sebagai pemegang kendali dalam pengaturan urusan kesejahteraan masyarakat di negeri ini. 
Semoga dengan manajemen bencana alam yang bagus dan bersinergi positif  itu bisa mengatasi persoalan pasca bencana alam. Ingat dengan bersinergi dan negara menjalankan peranannya maka korban bencana alam bisa tertolong dan bisa bangkit untuk menjalani hidup ini dan bisa menatap masa depan lebih baik lagi.[]

Berita Terkait

Baca Juga

Comment