by

Usia 17 Tahun Lebih / 01 Mei 2016, Wajib Rekam KTP -el Hingga Akhir September

Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias, Tehesokhi Hulu,S.IP.[Rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Sebagaimana Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 471/1768/SJ tanggal 12 mei 2016 perihal percepatan penerbitan KTP -el dan Akta kelahiran, yang ditujukan kepada kepala derah seluruh Indonesia yang mengamanatkan “Bagi penduduk yang pada tanggal 01 mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 Tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap di luar negeri “ wajib melakukan perekaman paling lambat tanggal 30 september 2016.

Menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri RI tersebut, Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias, Tehesokhi Hulu,S.IP kepada RADAR INDONESIA NEWS.COM di ruang kerjanya Kamis,(07/09) mengatakan, bahwa batas perekaman dimaksud adalah menonaktifkan data penduduk bagi yang belum merekam KTP -el sampai 30 september 2016 yang berakibat kepada sejumlah layanan publik yang tak bisa diakses karena data kependudukannya dinonaktifkan.

“Ada sejumlah layanan pemanfaatan ketika NIK-nya dibuka akan muncul seperti (BPJS,Bank,Sim, Bandara dll) secara otomatis berpengaruh bakal tak bisa diakses karena data penduduk di nonaktifkan,”ujar Tehesokhi Hulu.

Menurut Tehesokhi Hulu, wajib KTP di Kabupaten Nias per 31 agustus 2016 berjumlah 113.247 orang penduduk, sementara yang sudah melakukan perekaman, sejumlah 80.519 orang penduduk (70,78%) dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 33.139 orang penduduk.

Selanjutnya Plt Ka. Disdukcapil Kabupaten Nias pada penjelasannya mengatakan,bahwa Kecamatan Bawolato merupakan jumlah penduduknya yang paling banyak belum melakukan perekaman KTP -el dengan jumlah 9.016 orang penduduk, sementara kecamatan Gido adalah, kecamatan yang paling sedikit penduduknya (wajib KTP) yang masih belum melakukan perekaman, yakni; 887 orang penduduk dari 15.887 orang penduduk yang sudah melakukan perekaman data.

Lebih lanjut lagi Tehesokhi Hulu menyampaikan bahwa, untuk percepatan perekaman KTP –el, Disdukcapil Kabupaten Nias telah melakukan berbagai upaya seperti pelayanan langsung sampai ke Kecamatan, yang hingga saat ini sedang berlangsung dan akan terus dilakukan, juga menyediakan mobil pelayanan perekaman data sampai ke desa-desa, yang tentunya bisa dijangkau kendaraan roda empat.

Plt Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias menghimbau kepada seluruh masyarakat yang wajib memilki KTP, untuk melakukan perekaman data hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh Pemerintah, walaupun tidak menutup kemungkinan masih dapat melakukan perekaman atau pengaktifan kembali dengan mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kadis juga mengajak semua pihak baik aparat Pemerintah,tokoh Adat,Agama dan Media Masa untuk berperan aktif agar para wajib KTP segera melakukan Perekaman.(Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita